Jenis-jenis Doa yang Mustajab, Berikut Penjelasannya Sesuai Hadits

Jumat 09-08-2024,21:15 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

3. Doa Orang yang Terbangun di Malam Hari Dengan Doa yang Ma'tsur:

"Brangsiapa yang terjaga di malam hari, lalu mengucapkan: ‘Laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lah, lahul mulku walahul hamdu, wahuwaa ‘alaa kulli syai’in qadiir, Alhamdulillaah, wasubhanallaah, wa laa ilaaha illallaah, wallahu akbar, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah’ (Tidak ada Tuhan selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nyalah seluruh kerajaan dan bagi-Nya pula segala pujian. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Segala puji bagi Allah, Maha Suci Allah, tidak ada Tuhan selalin Allah, Allah Maha Besar. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Kemudian mengucapkan: ‘Allahummaghfir lii’ (Ya Allah, ampunilah aku). Atau do’a yang lain, niscaya akan dikabulkan do’anya. Jika ia berwudhu’ dan shalat, maka diterimalah shalatnya," (HR Bukhari, dll).

4. Doa Anak yang Berbakti Kepada Kedua Orang Tuanya:

"Sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat seorang hamba yang shalih di surga, lalu ia bertanya, ‘Dari mana aku memperoleh derajat ini?’. Allah SWT berfirman, ‘Dengan permohonan ampun anakmu untukmu’," (HR Ahmad).

5. Doa Orang yang Menunaikan Haji, Umrah dan Berperang di Jalan Allah SWT

"Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang menunaikan haji, dan orang yang menunaikan umrah adalah utusan-utusan yang menghadap kepada Allah. Mereka dipanggil oleh-Nya, lalu mereka memenuhi panggilan-Nya, dan mereka pun meminta kepada-Nya, maka Allah akan memberinya," (HR Ibnu Majah).

BACA JUGA:Agar Dikaruniai Anak Berjenis Kelamin Laki-Laki, Amalkan Doa Berikut Ini, Mudah Diamalkan

BACA JUGA:Doa Anti Baper dan Galau, Agar Hati, Pikiran dan Perasaan Menjadi Nyaman dan Tenang

6. Doa Orang yang Banyak Berdzikir Kepada Allah SWT:

"Ada tiga golongan yang do’anya tidak akan ditolak, yaitu orang yang banyak berdzikir kepada Allah, orang yang teraniaya, dan pemimpin yang adil," (HR  al-Baihqi dan ath-Thabrani).

7. Doa Orang yang Dicintai dan Diridhai Oleh Allah SWT

"Sesungguhnya Allah SWT berfirman, ‘Barangsiapa memusuhi kekasih-Ku, maka sungguh Aku menyatakan perang dengannya. Hamba-Ku tidak akan dapat mendekatkan dirinya kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku sukai daripada apa yang telah Aku wajibkan kepadanya. Hamba-Ku terus mendekatkan dirinya kepada-Ku dengan amalan-amalan nafil, sehingga Aku mencintainya. Maka jika Aku telah mencintainya, Aku akan menjadi pendengarannya yang dengannya ia mendengar, penglihatannya yang dengannya ia melihat, tangannya yang dengannya ia memegang dan kakinya yang dengannya ia berjalan. Jika ia meminta kepada-Ku, pasti Aku akan memberinya. Jika ia memohon perlindungan kepada-Ku, pasti Aku akan melindunginya. Aku tidak pernah ragu-ragu dalam sesuatu yang Aku kerjakan seperti keraguan-Ku untuk mencabut nyawa seorang mukmin. Hal itu karena ia tidak suka mati, sedangkan Aku tidak suka keburukan terjadi kepadanya’," (HR Bukhari).

BACA JUGA:Wanita Masih Banyak Salah Dalam Berdoa, Buya Yahya Jelaskan Cara yang Benar

BACA JUGA:Doa Minta Rezeki, Agar Mendapatkan Rezeki yang Halal dan Baik

8. Orang yang Memperbanyak Berdoa Pada Saat Lapang dan Bahagia

"Barangsiapa yang ingin doanya terkabul pada saat sedih dan susah, maka hendaklah memperbanyak berdoa pada saat lapang," (HR Tirmidzi, dan al-Hakim).

Kategori :