Masih Jarang Dikonsumsi, Manfaat Susu Kolostrum Sapi untuk Kesehatan

Kamis 08-08-2024,11:12 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Kolostrum mengandung leptin dan IGF-1, yaitu dua komponen utama yang berfungsi untuk mengatur metabolisme, mengendalikan nafsu makan, dan mengubah lemak menjadi energi yang dapat digunakan. 

Manfaat susu kolostrum untuk menurunkan berat badan. Jika dikombinasikan dengan menjalani diet dan olahraga yang tepat, kolostrum dapat membantu Anda dalam mengurangi lemak berlebih dan menjaga berat badan yang ideal.

BACA JUGA:Mabuk Durian Bikin Kapok? Ini Dia 5 Cara Ampuh Mengatasinya

5. Baik untuk Perkembangan Otot

Banyak atlet yang menggunakan kolostrum karena kemampuannya yang terbukti dapat membantu membentuk otot. 

Sebuah studi ilmiah yang diterbitkan dalam Journal Nutrition pada Maret 2001, menunjukkan bahwa kolostrum yang dikombinasikan dengan latihan reguler dapat meningkatkan massa tubuh tanpa lemak pada pria dan wanita.

6. Membantu Meredakan Diare

Susu kolostrum mengandung isolat imunoglobulin yang diyakini dapat mengobati diare yang disebabkan oleh pantogen yang seringkali tidak dapat diobati dengan antibiotik konvensional. 

Hal ini membuatnya sangat bermanfaat bagi penderita AIDS yang sering menderita diare dan penurunan berat badan sehingga membuatnya rentan terhadap infeksi lainnya.

BACA JUGA:Badan Terasa Lemas dan Lelah, Ikuti 8 Cara Ini Untuk Mencegah dan Mengatasinya

7. Bersifat Anti Inflamasi atau Anti Peradangan

Kolostrum juga bersifat anti inflamasi dan juga dapat membantu penyembuhan perbaikan jaringan lunak, yang membuatnya dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk mengatasi arthritis. 

Selain itu, Proline-rich polypeptide (PRP) pada kolostrum juga telah terbukti dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang disebabkan oleh berbagai penyakit autoimun.

Itulah manfaat kolostrum sapi untuk kesehatan. Kolostrum dapat menjadi susu pilihan yang membawa manfaat 2 kali lipat lebih baik dari susu sapi biasa. 

Kategori :