Pemkot Bengkulu Tindaklanjuti Temuan BPK Secara Berkala

Selasa 06-08-2024,13:42 WIB
Reporter : Firman Triadinata
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah kota Bengkulu memastikan sudah menindaklanjuti temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan keuangan tahun lalu. 

Kepala Inspektorat Kota Bengkulu Eka Rika Rino menjelaskan, tindak lanjut temuan BPK ini juga terus dilaporkan pihaknya karena BPK juga setiap semester melakukan pemantauan dan monitor terhadap laporan yang disampaikan.

Untuk itu pemerintah kota memastikan semua temuan yang menjadi catatan BPK sudah secara bertahap ditindaklanjuti. 

Hal ini juga menjadi perintah langsung dari PJ Walikota Bengkulu sehingga semua OPD diminta menjadikan catatan tersebut sebagai fokus utama yang harus diselesaikan. 

BACA JUGA:Dinas PUPR Kota Bengkulu Usulkan Anggaran Rp50 M untuk Jalan Lingkungan

"Kita tindak lanjuti, BPK juga sudah memonitor itu per semester. Nah kita berprogres terus dengan menyampaikan eviden-eviden dan bukti-bukti tindak. artinya secara berjenjang diperingatkan oleh Pak Walikota segera menindak lanjutian BPK, nah mereka sudah semua, pengembalian uang juga sudah dilakukan, " jelas Eka. 

Dalam rangka pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan ini, BPK menatausahakan laporan hasil pemeriksaan dan menginventarisasi permasalahan, temuan, rekomendasi, dan/atau tindak lanjut atas rekomendasi dalam laporan hasil pemeriksaan.

Temuan-temuan pemeriksaan yang oleh BPK dinyatakan selesai ditindaklanjuti adalah temuan-temuan pemeriksaan yang saran/rekomendasinya telah ditindaklanjuti secara nyata dan tuntas oleh pihak entitas yang diperiksa, sehingga diharapkan dapat memperbaiki pengelolaan dan tanggung jawab keuangan pada entitas yang bersangkutan.(**)

Kategori :