Gampang! Begini Cara Efektif Mengurangi Kadar Gula pada Nasi Putih

Rabu 07-08-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Jika sudah matang, tiriskan dan dinginkan nasi dengan cara dikipas atau dibolak-balik hingga dingin. Nasi yang berkurang kelengketannya, artinya siap dikonsumsi.

BACA JUGA:Bicaranya Sedikit Tapi Nyelekit, Ini Dia Ciri Orang yang Didampingi Khodam Pendamping Ular

4. Makan sop kaldu ayam sebelum konsumsi nasi

Sup kaldu ayam atau pun sup daging lainnya disinyalir mengandung asam amino yang tinggi, yang bisa meningkatkan sekresi insulin. 

Jadi ketika nasi masuk, tubuh dengan akan dengan cepat menyingkirkan gula yang diproduksi dari pengolahan nasi. Selain sup kaldu ayam atau daging, kamu juga minum susu kedelai sebelum makan nasi untuk upaya menurunkan kadar gula yang terkandung dalam nasi. Minumlah sekitar 30 menit sebelum mengonsumsi nasi, ya!

5. Menyantap nasi dengan protein

Makanlah nasi bersama dengan protein. Hasil penurunan indeks glikemik yang paling dianjurkan adalah dengan menggabungkan konsumsi nasi dengan tofu. 

Lengkapi dengan berbagai sumber protein lain seperti daging ayam, ikan, atau daging sapi.

6. Bekukan nasi 

Selanjutnya, untuk mengurangi kadar gula pada nasi putih kamu bisa memasukan nasi yang sudah masak ke dalam freezer diamkan hingga membeku. 

BACA JUGA:Suka Minuman Manis? Simak 7 Bahaya Kebiasaan Konsumsi Minuman Manis bagi Kesehatan

Proses pembekuan nasi ternyata dapat mengurangi kadar gula. Meski nantinya akan di panaskan kembali, kadar gula tidak akan bertambah. 

Nah, itulah sejumlah cara yang bisa kamu coba untuk mengurangi kadar gula pada nasi. Selain cara di atas, kamu juga perlu mengurangi porsi nasi yang dikonsumsi. 

Lebih baik lagi kalau dimakan saat nasi sudah dingin. Karena nasi yang sudah nggak lengket seperti saat baru saja matang, kadar gulanya lebih rendah. 

Kategori :