Musim Kemarau, Pemkot Bengkulu Imbau Warga Tak Bakar Lahan Sembarangan

Senin 05-08-2024,14:53 WIB
Reporter : Firman Triadinata
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kondisi cuaca panas dan angin kencang yang sedang terjadi di Kota Bengkulu masih menjadi perhatian serius Pemkot Bengkulu, karena cuaca dengan fenomena La Lina ini sangat berpotensi mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hasil maping Polresta dan Pemkot Bengkulu, ada beberapa titik lokasi yang rawan terjadi kebakaran lahan, diantaranya Patai Pajang - Lapangan Golf, Selebar - Kampung Melayu dan Sungai Hitam. 

Pemkot Bengkulu dalam hal ini Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan selalu siaga.

"Kebetulan titik-titik lokasi yang rawan itu tidak jauh dari lokasi pos-pos kita. Jadi personel kita selalu siap dan siaga. Apabila dapat informasi kebakaran lahan kita langsung bergerak ke lokasi memadamkan api," ujar Kadis Damkar dan Penyelamatan Kota Bengkulu, Yuliansyah.

BACA JUGA:Kenal Pamit Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Anwar Tekankan 3 Poin

Terkait cuaca yang begitu panas saat ini, Yuliansyah mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan pembakaran hutan, termasuk menghentikan dulu rutinitas bakar sampah di lingkungan rumah/pemukiman.

"Masyarakat agar tidak membuka lahan baru dengan melakukan membakar karena cuaca yang panas seperti saat ini akan menimbulkan bunga api yang tinggi dan bisa meluas. Kita imbau juga kepada masyarakat jangan dulu membakar sampah di dekat rumah," ujar Yuliansyah. (*)

Kategori :