Badan Sakit dan Pegal Usai Bangun Tidur? Ternyata ini Penyebabnya

Selasa 06-08-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tidur merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh. Dengan tidur, tubuh akan menjadi lebih fresh dan segar. 

Meski demikian, sebagian orang malah merasa badan sakit usai bangun tidur. Mengapa hal itu dapat terjadi? Untuk mengetahui penyebanya, Anda bisa menyimak pada penjelasan di bawah ini. 

Tidur adalah kegiatan istirahat yang bermanfaat. Selama tidur, Anda akan membilas semua sisa-sia kepenatan dari hari kemarin, sehingga Anda bisa bangun pagi lebih semangat. 

Namun, jika bangun tidur dengan kondisi badan sakit dan pegal tentu bisa memperburuk suasana hati Anda. Kondisi ini bisa membuat aktivitas yang Anda jalani tidak sepenuh hati Anda lakukan. 

Sebagian orang, termasuk Anda, mungkin tidak tahu penyebabnya dan masih terus menghadapi keluhan ini lagi dan lagi. Padahal dengan mengetahui penyebabnya, keluhan tersebut bisa teratasi. 

BACA JUGA:Berbagai Obat Amandel dan Cara Meredakan Radang Amandel yang Perlu Anda Ketahui

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang menimbulkan nyeri tubuh saat Anda bangun tidur.

1. Terlalu dekat dengan kipas angin saat tidur

Suka tidur dengan menggunakan kipas angin menjadi salah satu penyebab mengapa tubuh bisa sakit saat bangun tidur. Ini karena 

Angin yang mengenai langsung tubuh Anda dalam waktu semalaman bisa membuat otot tegang. 

Akibatnya, otot bisa terasa kaku dan kram saat Anda bangun di pagi hari. Tidak hanya itu saja efeknya, tidur dekat kipas angin bisa membuat kulit Anda kering dan masalah pernapasan, seperti hidung tersumbat, serta memicu alergi debu.

BACA JUGA:Daftar Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Keropos Serta Cara Mencegahnya

2. Posisi bantal dan tidur yang tidak benar

Selanjutnya, penyebab yang dapat membuat badan terasa sakit atau pegal setelagh bangun tidur adalah posisi bantal dan tidur yang tidak benar. Posisi bantal yang tidak benar, bisa membuat leher Anda nyeri. 

Kondisi ini sering mendapat sebutan salah bantal. Tidak hanya leher, badan Anda juga bisa terasa sakit semua akibat posisi tidur yang tidak sesuai. Umumnya, keluhan ini terjadi ketika Anda tidur dengan posisi tengkurap.

Kategori :