Simak 7 Cara Memotong Kuku yang Benar agar Terhindar dari Risiko Gangguan Kesehatan

Selasa 06-08-2024,08:33 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Bila Anda memiliki jenis kuku yang tebal, cobalah untuk merendam kuku terlebih dahulu agar lebih lunak dan mudah digunting.                                                                                                                                            

3. Hindari memotong terlalu pendek

Salah satu penyebab cantengan yang paling sering terjadi adalah memotong kuku terlalu pendek. Kuku yang terlalu pendek dapat menekan ke dalam dan tumbuh di dalam kulit. 

Alangkah baiknya sisakan sedikit bagian putih kuku sepanjang 1 – 2 milimeter agar terhindar dari cantengan dan infeksi. 

BACA JUGA:Timbulkan Risiko Penyakit Mematikan, Ini Dia Bahaya Makan Malam untuk Tubuh

4. Potong kuku dengan arah lurus

Selanjutnya, bagi Anda yang terbiasa memotong kuku dari ujung ke ujung, mengikuti lengkungan kuku, sebaiknya ganti kebiasaan tersebut. Hal ini dikarenakan lengkungan yang terlalu dalam pada ujung kuku lebih rentan memicu cantengan. 

Maka dari itu, gunting kuku dengan arah lurus, sehingga potongan pada ujung kuku terlihat seperti persegi, bukan oval. Hindari pula memotong sisi-sisi kuku hingga membentuk lengkungan. 

Anda juga tidak perlu khawatir akan merasakan sakit ketika kuku dipotong karena kuku terbuat dari sel-sel mati yang mengeras. Dengan begitu, tidak ada jaringan saraf yang terbentuk di dalamnya, sehingga tidak menimbulkan rasa sakit. 

5. Tidak memotong kutikula kuku

Tidak memotong kutikula merupakan hal yang perlu Anda perhatikan saat memotong kuku. Kutikula kuku adalah lapisan kulit mati berwarna putih yang mengelilingi sisi-sisi kuku. 

BACA JUGA:Berisiko Terkena Penyakit Mematikan, Inilah Bahaya Makan Jeroan Ayam bagi Kesehatan

Pada saat melakukan manicure dan pedicure di salon, terapis mungkin juga memotong kutikula Anda agar kuku terlihat panjang dan langsing. 

Umumnya, kutikula dilepas dengan merendam kuku terlebih dahulu di baskom berisi air hangat. Hal ini bertujuan agar kutikula kuku melemas dan lebih mudah dipotong. 

6. Mengikir kuku

Usai memotong kuku, Anda bisa melanjutkan rutinitas ini dengan mengikir atau menghaluskan tepi kuku agar tampak lebih cantik dan sehat. Langkah ini ternyata cukup penting karena bagian ujung kuku tidak akan mudah merobek kulit di sekitarnya saat kuku tumbuh. 

Kategori :