Panen Raya

Rabu 10-04-2013,11:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

WAKIL Walikota Bengkulu Ir Patriana Sosialinda, kemarin menggelar panen raya padi bersama Gapoktan Seroja I di Kandang Limun, Kecamatan Muara Bangkahulu.  Dalam kesempatan ini, Wakil Walikota yang akrab disapa Linda tersebut memberikan apresiasi atas kinerja para petani yang berperan besar dalam pembangunan yang digalakkan pemerintah Kota Bengkulu.

Dijelaskan Linda, apa yang dihasilkan oleh petani Gapoktan Seroja I ini sudah melebihi standar produksi biasa. Dimana dalam kondisi normal, setiap satu hektare lahan menghasilkan 4,6 ton. \"Tapi yang dihasilkan oleh petani-petani kita disini bisa mencapai 5,6 ton perhekatare. Ini prestasi yang membanggakan dari petani-petani kita mengingat kita berada di kawasan kota yang memiliki sedikit sekali areal persawahan,\" tukasnya.

Kemudian Linda mengharapkan kepada para petani untuk terus meningkatkan produktivitas mereka.  Dijanjikannya, pemerintah akan terus memberikan stimulus bagi kemajuan masyarakat petani dalam meningkatkan kapasitas hasil produksi mereka. \"Untuk memaksimalkan hasil panen tersebut, kami sebagai pemerintah yang dalam hal ini sebagai penyelenggara atau regulator, mohon untuk dapat selalu dibantu melalui peran aktif dan kerjasama dari pihak-pihak yang berperan di bidang pertanian ini,\" katanya.

Sementara Kepala BPS Provinsi Dodi Herlando dalam sambutannya mengatakan, untuk memajukan petani perlu adanya  kerjasama para anggota Gapoktan untuk memajukan produktivitas petani, sehingga dapat maksimal dalam memanfaatkan lahan,” ujarnya. Mewakili Gubernur Bengkulu, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu Edi Nevian mengatakan, program pertanian harus dilaksanakan dengan lebih baik lagi, karena pertanian adalah urusan menyangkut hajat hidup orang banyak.

\"Pertanian ini sangat berkaitan dengan stabilitas nasional, karena beras adalah kebutuhan pokok. Dengan iklim yang tak menentu, maka urusan pertanian perlu semakin mendapatkan perhatian. Dan kami berkomitmen untuk memberikan perhatian itu. Silahkan beri kami masukan, kapanpun,” terangnya.

sedangkan, Samsuri, Ketua Pelaksana Acara Panen Raya ini berujar, acara ini bertujuan untuk memotivasi petani sawah untuk meningkatkan produksi, mensukseskan program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN). Dalam hal ini ia memohon kepada pemerintah agar persawahan ini dibuat irigasi pertanian yang lebih besar sehingga pada musim kemarau areal persawahan ini tidak kekeringan dan drainase yang memadai supaya terhindar dari banjir.

Panen raya ini dilakukan secara simbolis dengan mencabut padi oleh Wakil Walikota, Kadis Pertanian Provinsi, Kepala BPS Provinsi, Kadis Pertanian Kota dan para petani. Acara ini kemudian diselingi dengan dialog. Dalam dialog, salah seorang petani sawah, Khairu, berharap agar pemerintah dapat memperbaiki irigasi di sawah mereka.

Sementara itu, ada juga Rustam Effendi dan Rizwan Effendi yang secara kompak mengharapkan agar program samisake segera diluncurkan dan kepada kelompok petani yang produktif seperti mereka dapat diprioritaskan untuk mendapat program tersebut. Selain nama-nama diatas, turut hadir dalam acara ini Koordinator PT Sari Krisna Kimia, Edy Indra, Camat Muara Bangkahulu, Kepala Lurah Kandang Limun dan tamu undangan lainnya. (009)

Tags :
Kategori :

Terkait