Bumi Ayu Kembangkan Ikan Air Tawar

Rabu 10-04-2013,10:59 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, BE - Jika dilihat dari lokasinya yang banyak terdapat rawa-rawa, Kelurahan Bumi Ayu sangat prospektif dijadikan tempat budi daya ikan air tawar.   Baik untuk pembesaran maupun pengembangbiakan.  Jenis ikan yang saat ini sedang dibudidayakan adalah lele dan nila.  Hal ini disampaikan oleh Lurah Bumi Ayu, Effendi, saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

\"Rawa-rawa tersebut jika dijadikan lahan pertanian sulit, sehingga kami olah menjadi tempat budidaya ikan air tawar,\" terang Effendi. Diterangkan Effendi, saat ini setidaknya ada 6 kelompok tani yang sudah melakukan budidaya ikan air tawar tersebut.

Selain pembesaran ada sebagian juga yang sudah mengembangkan pembibitan, namun menurut Effendi, bibit tersebut belum mencukupi kebutuhan petani ikan Bumi Ayu.  \"Awalnya hanya ada beberapa kelompok, namun karena menjanjikan saat ini terus bertambah,\" tambah sang lurah.

Hingga saat ini belum ada kendala yang berarti bagi para petani dalam menjalankan budidaya ikan, namun Effendi berharap agar kedepannya pemerintah dalam hal ini dinas terkait dapat memberikan bantuan kepada mereka bantuan berupa pelatihan pembibitan. Sehingga mereka tidak repot-repot untuk mencari bibit dari luar. Selain meminimalisir biaya dengan bibit lokal akan meminimalisir bibit dari stres sehingga tidak banyak yang mati.

Jika selama ini ikannya yang mendapat bantuan berupa pakan, kita harapkan kedepannya masyarakat yang mendapat bantuan berupa pelatihan pembibitan maupun pembuatan pakan,\" harap Effendi.

Selanjutnya ia juga berharap kedepannya ada juga pelatihan tentang pengelolaan ikan lele. Karena ia yakin dalam waktu dekat ini akan semakin banyak warga Bumi Ayu yang budidaya ikan.  Sehingga dikhawatirkan akan melebihi suplai untuk Provinsi Bengkulu.  Dan terkadang banyak ikan yang telat panen sehingga susah untuk dijual karena sudah besar.

\"Sekarang stok untuk Kota Bengkulu masih kurang, namun kedepannya pasti akan kelebihan kita harap akan ada pelatihan untuk pengelolaan ikan lele,\" ujar Effendi.

Selain budidaya ikan, saat ini masyarakat Bumi Ayu sedang menggalakkan pemanfaatan pekarangan rumah.  Hal ini untuk mensupport program pemerintah Provinsi Bengkulu yang sedang menggalakkan pemanfaatan pekarangan.  \"Harapan kita nanti dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menambah penghasilan dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Bumi Ayu,\" pungkas Effendi. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait