Timbulkan Risiko Penyakit Mematikan, Ini Dia Bahaya Makan Malam untuk Tubuh

Rabu 31-07-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Makan malam hari dapat menyebabkan asam lambung. Di mana asam lambung akan naik ke daerah kerongkongan atau tenggorokan. 

Hal ini disebabkan ketika langsung berbaring dan berusaha untuk tidur setelah mengkonsumsi makanan berat atau camilan pada malam hari.

BACA JUGA:Penting Diketahui, 5 Makanan Ini yang Bisa Menghambat Penyerapan Kalsium Dalam Tubuh

Ketika mengkonsumsi suatu makanan, maka asam lambung akan keluar dan bekerja. Namun ketika langsung berbaring, maka asam lambung akan naik ke atas, terutama ke bagian tenggorokan dan kerongkongan. 

Hal ini akan menimbulkan efek perih dan sakit di kerongkongan atau tenggorokan ketika bangun keesokan harinya.

4. Diabetes

Sudah dijelaskan di awal jika makan di malam hari dapat menimbulkan risiko penyakit mematikan salah satunya diabetes. Diabetes merupakan penyakit lanjutan dari terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh. 

Apabila memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan berat atau camilan sebelum tidur, maka bersiaplah dengan munculnya penyakit ini, yang disebabkan oleh penumpukan lemak yang terjadi karena gaya hidup tidak sehat ini.

BACA JUGA:Ini Dia 6 Penyebab Cacingan pada Anak, Suka Jajan Sembarangan

5. Serangan Jantung

Selain diabetas, serangan jantung dapat terjadi sebagai akibat lemak yang menumpuk, dan memiliki resiko menyumbat bagian-bagian pembuluh darah. Hal ini akan meningkatkan resiko dalam mengalami serangan jantung, disamping faktor-faktor lainnya.

Dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan berat atau camilan pada malam hari sebelum tidur, akan meningkatkan lemak dalam tubuh dan memungkinkan anda untuk mengalami serangan jantung.

Itulah sejumlah dampak dan bahaya jika makan malam menjadi kebiasaan yang rutin dilakukan setiap hari. Beberapa bahaya makan pada malam hari ini, sebenarnya bisa dijauhi. 

Apabila terasa lapar pada malam hari, cobalah untuk mengkonsumsi makanan atau camilan yang rendah kalori dan tinggi serat serta vitamin, agar tubuh dapat menyerap vitamin dan mineral tersebut pada saat tidur, bukannya malah menimbunnya menjadi lemak.

Kategori :