Boxing! Inilah 5 Manfaat dan Tips Aman Melakukannya

Selasa 30-07-2024,19:05 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

BENGKULUEKSPRESS.COM - Boxing merupakan salah satu olahraga bela diri yang efektif untuk meningkatkan kesehatan jantung. Tak hanya itu, boxing yang dilakukan dengan benar dan secara rutin juga dapat membuat postur tubuh menjadi lebih ideal.Boxing sudah sejak lama dikenal dan dipraktikkan sebagai seni bela diri pada zaman Yunani Kuno. Olahraga ini melibatkan seluruh anggota tubuh, terutama tangan dan kaki, untuk menyerang dan bertahan dari serangan lawan.

BACA JUGA:Tidak Terima Kalah Berkelahi, Pemuda Mabuk Lem Aibon Tikam Tetangga

Gerakan tangan pada boxing biasanya berupa pukulan, seperti jab, cross, hook, dan uppercut. Sementara itu, gerakan kaki digunakan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Jika Anda baru mulai melakukan boxing sebaiknya ikutilah kelas yang dipandu oleh instruktur berpengalaman. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh manfaat boxing secara maksimal dan terhindar dari cedera.

Berbagai Manfaat Boxing
Berikut ini adalah beberapa manfaat boxing yang bisa Anda dapatkan bila dilakukan secara rutin dan dengan tepat:

1. Meningkatkan keseimbangan tubuh
Seiring dengan bertambahnya usia, keseimbangan tubuh dan fungsi sel saraf akan menurun. Berbagai gerakan dalam boxing, seperti memukul dan menghindari serangan lawan, dapat menguatkan kekuatan otot tubuh bagian atas dan bawah. Selain itu, kecepatan gerakan dalam seni bela diri ini dapat meningkatkan keseimbangan, refleks, dan kelenturan tubuh. Manfaat ini bahkan sudah terbukti dalam penelitian yang menunjukkan bahwa melakukan latihan boxing secara rutin dapat mengurangi risiko jatuh pada penderita gangguan otak dan penyakit Parkinson.

BACA JUGA:Agar Terhindar dari Penyakit, Begini Tips Mencuci Buah dan Sayur yang Benar!

2. Menurunkan berat badan
Tak hanya meningkatkan keseimbangan, boxing yang dilakukan secara rutin juga dapat menjaga komposisi lemak tubuh agar tidak berlebihan. Hal tersebut akan meningkatkan metabolisme tubuh yang dapat membakar lebih banyak kalori di dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh Anda menjadi lebih langsing dan ideal.

3. Meredakan stres
Melakukan olahraga secara rutin, termasuk boxing, dapat melepaskan beban pikiran sehingga stres pun bisa mereda. Ketika melakukan boxing, otak merangsang produksi hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati dan mengurangi gejala depresi.

4. Memperkuat otot inti
Gerakan boxing umumnya menggunakan seluruh anggota tubuh untuk memukul dan menghindari serangan lawan. Dengan melakukan gerakan ini secara rutin, otot tubuh inti Anda akan menjadi lebih kuat dan fleksibel, sehingga memudahkan Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA:Ini Dia 6 Manfaat Cabai untuk Kesehatan Tubuh

5. Menjaga kesehatan jantung
Olahraga intensitas tinggi, seperti boxing, dapat menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini tentunya dapat memberikan efek yang baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Tips Aman Latihan Boxing
Boxing merupakan salah satu jenis olahraga bela diri dengan risiko cedera yang cukup tinggi. Cedera yang biasanya terjadi saat melakukan latihan ini adalah cedera kepala, cedera mata, dan cedera otak. Untuk mencegah cedera, ada beberapa tips yang harus Anda lakukan saat latihan boxing:

- Melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum latihan.
- Mulailah latihan dengan intensitas rendah lalu dapat ditingkatkan secara bertahap.
- Menggunakan alat pelindung tubuh, seperti sarung tinju, pelindung kepala, dan pelindung gigi dan mulut, saat bertanding dengan lawan (sparring).
- Menutup sesi latihan dengan pendinginan.

BACA JUGA:Diduga Ingin Tawuran dan Bawa Sajam, 2 Orang Pelajar Diamankan Tim Opsnal Polresta Bengkulu

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda disarankan melakukan boxing 2–3 kali per minggu atau sesuai kemampuan tubuh. Jika Anda pernah mengalami cedera akut, seperti patah tulang, memar, atau terkilir, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan boxing sebagai olahraga.(**)

Kategori :