Simak Kondisi Penyakit yang Menjadi Penyebab Nyeri pada Ulu Hati

Rabu 31-07-2024,09:36 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Selain peradang lambung, ulkus peptikum atau tukak lambung adalah terkikisnya lapisan dalam lambung akibat pengaruh asam lambung.

BACA JUGA:Inilah Manfaat Jengkol bagi Kesehatan yang Tidak Bisa Dianggap Remeh

Penyebab utama tukak lambung adalah infeksi bakteri H. pylori atau penggunaan obat tertentu secara berlebihan, terutama pereda nyeri.

Gejala tukang lambung yang paling umum adalah nyeri pada ulu hati, sakit perut, mual dan muntah, lebih mudah kenyang, dan sering sendawa.

Pada kasus yang lebih parah, bisa saja terjadi perdarahan dalam yang ditandai dengan muntah disertai bercak darah dan munculnya darah pada feses.

3. Batu empedu

Batu empedu yang menyumbat saluran empedu dapat menyebabkan nyeri pada ulu hati. Terdapat 2 jenis batu empedu, yakni sebagai berikut.

BACA JUGA:Apa yang terjadi Jika Tubuh Kelebihan Protein

Batu kolesterol: jenis batu empedu yang paling umum. Warnanya kuning dan banyak mengandung kolesterol yang tidak dapat dicerna.

Batu pigmen: berwarna cokelat tua dan hitam. Warna tersebut berasal dari kadar bilirubin yang tinggi.

Selain sakit ulu hati, nafsu makan bisa menurun, mual dan muntah, perut kembung, demam, kulit kuning, feses berwarna tanah liat, dan nyeri pada perut sebelah kanan.

4. Radang kerongkongan (esofagitis)

Esofagitis adalah peradangan atau iritasi pada bagian dalam dinding kerongkongan. Peradangan ini bisa disebabkan oleh naiknya asam lambung, infeksi, iritasi akibat efek samping pemakaian obat-obatan tertentu, dan gangguan autoimun.

BACA JUGA:Benarkah Jamur Enoki Picu Infeksi Listeria?

Gejala utama esofagitis adalah nyeri pada ulu hati yang bisa menjalar ke perut sebelah kanan, nyeri di belakang tulang dada yang terjadi saat menelan, dan tersangkutnya makanan dalam kerongkongan.

Komplikasi lainnya adalah Barrett’s esophagus, yaitu kondisi ketika sel-sel kerongkongan berubah menyerupai sel usus karena terus teriritasi.

Kategori :