Mukomuko Bangun Perpustakaan Modern, Progres Pembangunan Melampaui Target

Kamis 25-07-2024,19:20 WIB
Reporter : Endi
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Kabupaten Mukomuko menunjukkan komitmen serius dalam meningkatkan fasilitas publik dengan mempercepat pembangunan gedung perpustakaan baru di Kompleks Perkantoran Pemda Mukomuko. 

Proyek ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan literasi masyarakat dan menjadi pusat kegiatan edukatif di daerah tersebut.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Mukomuko, Winarto, S.Pd, M.Pd, melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Bidang Perpustakaan, Sunaji, ST, menyatakan bahwa pembangunan gedung perpustakaan yang dimulai pada pertengahan Mei lalu berjalan lancar. 

"Progres pembangunan cukup signifikan, sudah mencapai 25%, dengan deviasi 9% lebih cepat dari jadwal yang seharusnya 16%," ujar Sunaji.

BACA JUGA:Mukomuko Jadi Pusat Peternakan Sapi: Populasi Meningkat 100% dalam 3 Tahun

Saat ini, pekerjaan fokus pada pemasangan tiang dan pengecoran lantai atas gedung perpustakaan. 

"Pembangunan gedung perpustakaan ini terdiri dari satu lantai. Selain pemasangan tiang, kami juga mulai mengecor lantai atas," jelas Sunaji. 

Sunaji, menjelaskan, anggaran pembangunan gedung perpustakaan ini sebesar Rp10 miliar, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2024. Diharapkan proses pembangunan berjalan lancar tanpa kendala hingga selesai.

Gedung perpustakaan ini dirancang dengan fasilitas yang lengkap, termasuk aula besar yang dapat digunakan untuk pelayanan dan kepentingan masyarakat. Aula tersebut akan menjadi tempat strategis untuk berbagai kegiatan edukatif dan sosial.

"Pemerintah optimis pembangunan akan selesai tepat waktu. Aula yang ada di gedung perpustakaan ini nantinya bisa digunakan untuk keperluan instansi pemerintahan dan masyarakat karena ukurannya yang cukup besar," tutup Sunaji.

BACA JUGA:Mukomuko Luncurkan Kampanye Besar: Target 23.327 Anak Divaksin Polio

Dengan adanya gedung perpustakaan baru ini, diharapkan dapat meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat Mukomuko, serta menjadi pusat informasi dan kegiatan yang bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat. (end)

 

Kategori :