Bisa Sebabkan Sindrom Metabolik, Ketahui 6 Efek Samping Makan Mie Instan untuk Kesehatan

Selasa 23-07-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa yang tidak suka mie instan? Hampir semua orang suka makanan yang satu ini. Meski memiliki rasa yang nikmat dan bikin nagih, efek makan mie instan setiap hari bisa berpengaruh terhadap sistem pencernaan, ginjal, jantung, dan bahkan otak. 

Sayangnya, masih banyak orang yang belum menyadari atau malah menyepelekan efek jangka panjang akibat sering makan mie instan. Lantas, apa efek samping makan mie instan yang perlu diketahui? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Mie instan adalah makanan cepat saji yang murah, praktis, dan mudah dibuat. Mie ini juga terasa gurih sehingga banyak orang yang menyukainya dan tidak ragu untuk mengonsumsinya setiap hari.

Padahal, dibalik itu ada banyak efek makan mie instan setiap hari yang buruk kesehatan tubuh. Meski bisa berbeda-beda tiap produk, mie instan umumnya tinggi kandungan garam dan kalori tetapi rendah kandungan serat, protein, vitamin, serta mineral atau bahkan tidak ada sama sekali.

BACA JUGA:Ternyata Alpukat Bisa Menurunkan Kolesterol, dr Zaidul Akbar Bagikan Caranya

Ibaratnya, makan mie instan hanya membuat perut kenyang, tetapi tidak memberikan nutrisi atau antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, sebelum mengetahui apa efek samping makan mie instan, kamu perlu memahami terlebih dahulu mengenai kandungan mie instan. Mie instan terbuat dari tepung terigu, garam, minyak sawit, monosodium glutamat (MSG), serta bahan pengawet dan perasa tambahan. 

Satu bungkus kemasan mie instan biasanya mengandung 1.500–1.700 mg garam atau setara dengan 65% dari asupan harian garam yang direkomendasikan. 

Bila mie instan dikonsumsi setiap hari, tingginya kandungan garam dan kalori di dalamnya akan mengganggu fungsi berbagai organ di dalam tubuh dan malah menyebabkan tubuh bisa mengalami kekurangan nutrisi. 

BACA JUGA:Waspada Sebabkan Kematian, Inilah Bahaya Konsumsi Kecubung

Berikut ini berbagai efek makan mie instan setiap hari. 

1. Gangguan pencernaan

Mengonsumsi mie instan setiap hari dapat mengganggu saluran pencernaan. Dalam proses produksi, mie instan diawetkan dengan bahan kimia yang disebut tersier-butyl hydroquinone (TBHQ). 

Bahan pengawet berfungsi untuk memperpanjang umur simpan dan mencegah pembusukan mie instan. Meski TBHQ dianggap aman dalam kadar yang rendah, penelitian mengatakan bahwa bahan pengawet ini sulit dicerna di dalam perut. 

Akibatnya, tubuh menjadi terpapar TBHQ dalam waktu yang lama dan bisa menghalangi tubuh untuk menyerap nutrisi lain. Tidak heran, efek makan mie instan setiap hari bisa menyebabkan gejala gangguan pencernaan, seperti sembelit, mual, dan muntah.

Kategori :