Ini Dia 9 Tips Sederhana agar Melahirkan Secara Normal dan Lancar

Minggu 21-07-2024,17:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Lancar atau tidaknya persalinan tentu tidak lepas dari gaya hidup bumil. Yang terpenting perbanyak sayur dan buah-buahan setiap harinya. Dengan begitu, nutrisi bumil dan Si Kecil dalam kandungan terpenuhi dan terhindar dari penyakit. 

5. Bergabung kelas ibu hamil 

Tips melahirkan normal pertama yang wajib kamu coba adalah mengikuti kelas ibu hamil. Di sana kamu akan mendapatkan banyak pelajaran dari mentor dan doula yang sudah profesional.

Ibu bisa mendapatkan motivasi positif yang membuat pikiran membaik, tidak panik dan siap menghadapi persalinan. Selain itu, mereka akan mengajarkan beberapa ilmu seperti kelas laktasi hingga olahraga untuk ibu hamil.

BACA JUGA:Cari Tahu Penyebab Gusi Berdarah dan Cara Mengatasinya

6. Mendapatkan bimbingan langsung dengan doula

Doula adalah tenaga profesional yang berperan sebagai teman sekaligus tenaga profesional untuk ibu hamil menuju persalinan. Mereka akan memberikan banyak arfimasi positif untuk para ibu.

Adanya daoula menjadi salah satu kunci atau tip melahirkan normal tanpa rasa sakit. Mereka akan membantu merilekskan pikiran ibu dan menjauhkan hal-hal yang kiranya membuat kamu merasa stres dan tidak percaya diri saat ingin melahirkan secara normal.

7. Kontrol berat badan 

Kenaikan berat badan ibu hamil yang normal menurut Indeks Massa Tubuh (IMT) adalah, jika IMT di bawah 18,5 (berat badan di bawah normal), maka kamu disarankan untuk menaikkan bobot sekitar 12,7 – 18,1 kg. 

IMT sekitar 18,5–22,9 (berat badan normal), maka kamu disarankan untuk menaikkan bobot sekitar 11,3 – 15,9 kg. Jika melebihi angka tersebut, maka kamu bisa mengalami obesitas dan risiko terjadinya preeklampsia.

BACA JUGA:Khodam yang Diyakini Memiliki Kemampuan untuk Meningkatkan Kecantikan

8. Dapatkan dukungan dari orang terdekat 

Melahirkan secara normal dan lancar memerlukan dukungan penuh dari suami ataupun orang orang terdekat. Ibu tidak mungkin bisa melewati persalinan jika mendapatkan tekanan dari orang terdekat.

Suami memiliki peran besar untuk meningkatkan rasa percaya diri dan menghilangkan perasaa takut. Jadi kamu harus mendapatkan dukungan penuh dari pasangan.

9. Mempelajari teknik pernapasan 

Kategori :