Kulit Wajah Sensitif, Berikut 6 Tips dan Cara Memilih Bedak yang Benar

Minggu 21-07-2024,13:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Apakah kamu memiliki kulit yang sensitif ? Sebagian orang yang memiliki kulit sensitif akan ragu pakai bedak. Jangan dulu hentikan pencarian bedak yang cocok untuk kulit sensitif. 

Pemilik kulit sensitif memiliki karakteristik antara lain mudah muncul bercak atau ruam, produk skincare mudah membuat iritasi atau kemerahan, atau seringkali alergi karena berbagai produk makeup tidak terasa cocok saat diaplikasikan di kulit wajah. 

Karena itulah, makeup mendasar seperti bedak juga perlu diperhatikan pemilihannya karena salah basic makeup atau skincare bisa berakibat pada kerusakan wajah. Berikut sejumlah tips dan cara memilih bedak untuk kulit sensitif . 

1. Kenali penyebab kulit sensitif kamu breakout

Kulit sensitif sangat mudah breakout. Bahkan saat tidak pakai makeup berat sekalipun. Banyak dari kamu yang mungkin sampai sekarang belum tau penyebab pasti kulit kamu breakout. 

BACA JUGA:Bagi Pasangan Muda, Ini Dia Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Kulit sensitif bisa disebabkan oleh kulit terlalu kering, alergi, atau terkena kandungan aktif dalam makeup dalam jumlah yang lebih banyak dari yang bisa diterima kulit kamu. Untuk melihat kecocokan bedak, lakukan tes alergi sederhana.

2. Cari label hypoallergenic 

Salah satu pemicu kulit sensitif adalah alergi, karena itu Baebellines sebaiknya menghindari paparan alergen di kulit. Beberapa bahan yang dapat menjadi alergen adalah pengawet, pewangi atau parfum, pewarna, dan logam berat.

Karena itu, saat memilih produk make up untuk kulit sensitif, pastikan produknya memiliki label hypoallergenic yang berarti tidak mengandung bahan-bahan pencetus reaksi alergi serta iritasi di kulit wajah.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele! Kenali Risiko dan Bahaya Gigi Berlubang

3. Pilih bahan dengan kandungan mineral yang bagus untuk kulit sensitif

Memilih bedak untuk kulit sensitif juga berarti memilih kandungan yang mampu membuat pertahanan lebih pada kulit. Ada dua bahan aktif yang ternyata bagus untuk kulit sensitif, yaitu titanium oxide dan zinc oxide.

Kedua bahan aktif ini sama-sama berfungsi untuk menjaga kulit kamu dari sinar matahari atau UV protection. Titanium oxide dan zinc oxide bisa kamu temukan pada bedak tabur berbahan dasar mineral atau loose mineral powder.

4. Melakukan patch test

Kategori :