Simak 8 Cara Merawat Hamster dengan Benar

Minggu 21-07-2024,11:14 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Kondisi ruang kandang yang terlalu rumit dapat membuat hamster mudah tersangkut dan terjepit. Sehingga sebaiknya kamu tidak memilih tipe kandang berbahan plastik yang terlah disertai beberapa aksesoris.

BACA JUGA:Masih Jarang Dikonsumsi, Ketahui 8 Manfaat Sayur Kailan untuk Kesehatan

4. Lengkapi aksesoris sendiri secara terpisah agar lebih aman

Seperti yang telah disebutkan, bila hamster akan merasa nyaman jika ditempatkan pada kandang yang luas dan besar. Nah, untuk itu kamu bisa menggunakan jenis kandang kaca akuarium. 

Kandang hamster berbahan kaca memiliki resiko kecelakaan yang rendah, karena hamster tak akan mudah tersangkut. Kamu pun bisa lebih bebas untuk melengkapi dengan aksesoris tambahan agar ruangan kandang terlihat menarik.

5. Perhatikan asupan makanan hamster 

Asupan makanan tentu wajib menjadi perhatian kamu saat memelihara hamster. Pada umumnya, hamster bisa diberikan sekitar 15 gram makanan setiap harinya, dan pastikan makanan selalu dalam keadaan segar.

Sebaiknya kamu tidak memberikan hamster biji bunga matahari setiap hari, dan hindari makanan berlemak karena bisa membuat hamster terkena obesitas yang berujung pada penyakit jantung. Kamu juga bisa mengkombinasikan dengan takaran yang benar, seperti kacang hijau dan kedelai.

BACA JUGA:3 Jin Khodam yang Suka Menjaga Anak Kecil

Selain makanan biasa, sebaiknya kamu juga memberikan hamster pelet dengan kandungan gizi yang seimbang.

6. Ketahui cara memandikan hamster yang benar

Cara memandikan hamster tidak seperti memandikan kucing ataupun anjing, kamu tidak bisa langsung mengguyur hamster denga air. 

Sebab habitat aslinya adalah gurun yang anti sekali terhadap air, jangan mentang-mentang bau lalu kamu guyur begitu saja. Jika kamu terpaksa memandikannya dengan air, maka bisa-bisa dia terserang penyakit pneumonia. 

Mandikan hamster cukup dengan air yang sedikit kira-kira setinggi kaki hamster, lalu sediakan sikat yang lembut dan diusap-usap, dipijat, atau bisa juga dengan serutan kayu.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele! Kenali Risiko dan Bahaya Gigi Berlubang

7. Perhatikan kebersihan kandang 

Kategori :