Pemkot Bengkulu Lanjutkan Program Bedah Rumah, Perkim Data 23 Unit Rumah

Kamis 18-07-2024,16:01 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPREES.COM - Pemerintah Kota Bengkulu tahun ini akan melanjutkan program bedah rumah untuk 23 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang tersebar di beberapa kelurahan kota Bengkulu. 

Kabid Kawasan Permukiman Dinas Perkim Kota Bengkulu, Lepi Nurseha menjelaskan, pihaknya tahun ini sudah memverifikasi data untuk sasaran bantuan bedah rumah. 

Beberapa lokasi yang warga yang mendapatkan bedah rumah antara lain Sawah Lebar, Sawah Lebar Baru, Singgaran Pati, Ratu Agung, Ratu Samban, Pagar Dewa, Betungan, Kebun Kenanga, Kebun Beler, Penurunan, dan Lempuing. 

"Bedah rumah ini ada di masing-masing kelurahan, kita sesuai dengan data yang masuk kita verifikasi, jadi kita tidak harus menargetkan kelurahan ini berapa kelurahan itu berapa, jadi kita sesuai dengan data yang ada. Satu unitnya Rp20 juta dengan rincian 17.500.000 bahan bangunan 2.500.000 untuk upah tukang," jelasnya. 

BACA JUGA:Ketersediaan Sejumlah Komoditi di Bengkulu Terbatas, Ini Langkah TIPD Provinsi Bengkulu

Program ini ditargetkan mulai pada Agustus mendatang,  dan akan rampung paling lambat akhir tahun ini. 

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, syarat warga penerima bantuan bedah rumah masih sama yakni, status rumah milik sendiri, satu-satunya, dan dihuni. Kerusakan pada komponen utama bangunan rumah, seperti atap, lantai, dan dinding, terdapat kelengkapan komponen struktural bangunan, dan lokasi sesuai dengan rencana tata ruang. (*)

Kategori :