Agar Pahala Mengalir Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal, Ustaz Abdul Somad Sarankan 6 Amalan Berikut

Kamis 18-07-2024,06:00 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

BACA JUGA:Agar Tak Rugi, Cara Memilih Jodoh yang Tepat, Ustaz Abdul Somad: Lakukan 2 Cara Ini

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk banyak berdoa untuk orangtua yang telah meninggal, agar mereka mendapatkan ampunan dari Allah SWT dan pahala terus mengalir bagi mereka.

2. Membaca Al Qur'an

Amalan lain yang dapat dilakukan oleh seorang anak untuk orangtua yang telah meninggal adalah membaca Al Qur'an.

"Yang paling afdol dibaca khatam Quran, satu khatam, untuk almarhumah/almarhum aku hadiahkan pahala bacaan Quran sekhatam," terang Ustaz Abdul Somad.

"Kalau tidak bisa satu khatam bacakan Yasin hatinya Al Quran, tidak bisa baca yasin jurus terakhir ummul Quran Al Fatihah," tambah Ustaz Abdul Somad.

3. Sedekah

Riwayat yang Ustaz Abdul Somad ceritakan mengenai Saad yang sangat mencintai ibunya, dan setelah sang ibu meninggal, Saad melaporkan hal ini kepada Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA:Ingin Dosa-dosa Berguguran, Ustaz Abdul Somad Sarankan Membaca Surah Ini

BACA JUGA:Anak Muda Wajib Tahu! Bagaimana Hukum Nikah Beda Agama? Berikut Penjelasan Ustaz Abdul Somad

"Ya Rasulullah, ibuku sudah meninggal dunia, kalau aku bersedekah apakah sedekahnya sampai ke almarhumah ibuku? Kata Nabi, bersedekahlah. Apa sedekah yang paling afdol? Kata Nabi memberi air minum karena di jazirah Arab susah membuat sumur bor," papar Ustaz Abdul Somad.

4. Berkurban

Amalan lain yang dapat dilakukan oleh seorang anak untuk orangtua yang sudah meninggal adalah dengan berkurban. Saat Hari Raya Idul Adha tiba, berkurbanlah satu ekor kambing untuk orangtua yang telah meninggal, jika memungkinkan secara finansial. Namun, penting untuk tidak memaksakan diri jika tidak mampu untuk melakukannya.

5. Haji

Ketika kita memiliki kemampuan untuk melaksanakan ibadah haji dan orangtua kita yang telah meninggal belum pernah melakukannya, kita dapat melaksanakan haji atas nama mereka sebagai anak.

6. Puasa

Kategori :