Dibuat dengan Bumbu Khas Indonesia, Ini Dia 5 Makanan Ikan Mentah yang Lebih Enak dari Sashimi

Kamis 18-07-2024,17:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar


Lawa Bale, Sulawesi Barat-Pinterest -

Lawa bale ini makanan sehari-hari tapi sudah menjadi bagian dari upacara adat hingga pernikahan. Lawa bale adalah sajian ikan mentah yang sudah dibersihkan dan dipisahkan dari tulang dan kepalanya. 

Ikan tersebut kemudian dicampur dengan parutan kelapa yang sudah diolah, diberi garam dan tetesan jeruk nipis.

4. Gohu, Ternate 


Gohu, Ternate -Pinterest -

Hidangan ikan mentah dari Ternate ini mungkin jadi salah satu hidangan ikan mentah paling populer di Indonesia. Gohu biasa dibuat dari ikan tuna atau cakalang mentah. 

Cara membuatnya pun sederhana. Ikan dipotong dadu, dicuci, lalu dilumuri garam dan perasan lemon serta daun kemangi. Asam membuat ikan melalui proses fermentasi, sehingga nantinya gohu akan jadi setengah matang.  

Bumbu pelengkap gohu adalah bawang merah dan cabai rawit yang ditumis dengan sedikit minyak kelapa. Bumbu tersebut disiram ke atas ikan sebelum disajikan.

BACA JUGA:Resep, Tips, dan Cara Membuat Martabak Teflon Untuk Sajian Buka Puasa di Rumah

5. Pacco, Sulawesi Selatan 


Pacco, Sulawesi Selatan -Pinterest -

Pacco dibuat dari jenis ikan yang bermacam-macam tergantung selera. Biasanya warga Luwu paling sering membuat dengan ikan teri putih atau ikan nike. 

Hidangan ikan mentah yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia ini punya keunikannya masing-masing. Berbeda dengan sashimi ala Jepang, hidangan ikan mentah ala Indonesia ini menggunakan aneka macam bumbu khas Nusantara. 

Setiap bumbu memiliki sentuhan berbeda sesuai dengan akar budaya masing-masing daerah. Jenis ikan yang digunakan untuk sajian ini kadang kala bisa berbeda dari waktu ke waktu. 

Ikannya yang digunakan tidak menentu. Tergantung apa yang mereka peroleh. Tapi biasanya kalau untuk upacara atau acara sakral memang ada keharusan akan suatu ikan. 

Nah itulah beberapa sajian seafood mentah khas Indonesia yang bisa di nikmati. 

Kategori :