Alami Sugar Craving, Simak 6 Tips Menghentikan Keinginan Makan Makanan Manis Berlebihan

Rabu 17-07-2024,10:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jika kamu penyuka makanan manis dan sulit untuk menghentikan kebiasaan yang satu ini, ada beberapa cara yang bisa kamu ketahui untuk menghentikannya. Hal ini agar kamu dapat terhindari dari berbagai risiko penyakit yang diakibatkan karena mengonsumsi makanan manis. 

Cara menghentikan seseorang yang berkeinginan makan makanan manis atau dikenal dengan istilah sugar craving penting untuk diketahui. 

Sebenarnya, konsumsi makanan manis tidak selamanya buruk, asal tidak berlebihan atau terlalu sering. Hanya saja, orang yang mengalami sugar craving biasanya punya keinginan untuk terus mengonsumsi makanan manis meskipun tidak lapar.

Selain karena kebiasaan, keinginan untuk makan makanan manis bisa juga dipengaruhi faktor lain, seperti stres, kurangnya asupan kalori, dan kurang tidur.

BACA JUGA:Ampuh Atasi Diabetes dan Turunkan Gula Darah, dr Zaidul Akbar Cukup Pakai Apel dan Mentimun

Menurut penelitian, ketika tubuh kelelahan atau kekurangan energi, otak akan merangsang munculnya rasa lapar dan dorongan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang manis. Ini merupakan respons alami tubuh untuk mencukupi kebutuhan energi.

Sayangnya, sebagian orang sulit untuk mengontrol diri jika sudah dihadapkan dengan makan makanan manis. Kalau sudah begini, risiko terjadinya diabetes, obesitas, kerusakan gigi, dan penyakit gusi akan meningkat. 

Itulah mengapa kamu dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan manis. Lantas, bagaimana cara agar bisa menghentikan kebiasaaan mengonsumsi makanan manis? Berikut penjelasannya.

Batas konsumsi gula harian yang dianjurkan hanyalah 10% dari total kebutuhan kalori per hari (200 kkal). Jumlah ini setara dengan 4 sendok makan atau 50 gram gula.

BACA JUGA:Makanan Unik Nan Menyehatkan, Ini Dia 5 Manfaat Belalang untuk Kesehatan

Supaya tidak terus-terusan ngidam atau ingin mengonsumsi makanan manis, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

1. Kurangi porsi secara perlahan

Slaah satu car ayang paling efektif untuk mengurangi makanan manis adalah biasakan untuk mengurangi porsinya secara perlahan. Kalau selama ini kamu terbiasa mengonsumsi makanan manis, coba kurangi secara perlahan. 

Tidak harus langsung berhenti makan makanan manis sepenuhnya, kamu cukup membuat porsinya menjadi lebih sedikit. Dengan begitu lama kelamaan kamu dapat terbiasa dan dapat menghindari untuk mengonsumsi asupan gula secara berlebih. 

3. Cukupi asupan serat

Kategori :