Terkenal Karena Terbuat dari Scoby, Simak Manfaat Konsumsi Teh Kombucha untuk Tubuh

Selasa 16-07-2024,18:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BACA JUGA:Waspada Penyakit Autoimun, Kenali 7 Penyebab Munculnya Memar Tanpa Sebab di Tubuh

2.  Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Sebagai sumber potensial probiotik, salah satu manfaat kesehatan yang diakui dari kombucha adalah kemampuannya untuk menyeimbangkan bakteri baik di usus sehingga dapat mengatasi beberapa masalah pencernaan.

Sebagai sumber probiotik yang potensial, salah satu manfaat kombucha bagi kesehatan adalah kemampuannya untuk menyeimbangkan bakteri baik pada usus dan meredakan beberapa masalah pencernaan.

3. Mengurangi peradangan

Teh kombucha memiliki manfaat untuk mengurangi peradangan Peradangan kronis terlibat dalam hampir semua kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung, diabetes, radang sendi, alergi, dan penyakit pernapasan seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). 

Pasalnya, teh untuk membuat minuman ini mengandung polifenol yang merupakan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan pada tubuh.

BACA JUGA:Hampir Mirip Dengan Daun Seledri, Berikut Sederet Manfaat Daun Ashitaba Untuk Kesehatan

4. Mencegah kanker

Teh kombucha memiliki sidat antioksidan yang dapat mencegah kanker. Senyawa ini membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas dan zat berbahaya lainnya yang mendorong pertumbuhan sel kanker. 

Kombucha dapat membantu menurunkan kelangsungan hidup sel kanker prostat. Selain itu, senyawa dalam teh hijau yang dapat membantu menghambat pertumbuhan kanker antara lain polifenol, asam glukonat, asam glukuronat, asam laktat, dan vitamin C.

5. Mengoptimalkan pengobatan depresi

Minum teh kombucha bisa jadi salah satu cara untuk mengatasi depresi yang tengah dirasakan. Kandungan probiotik pada kombucha dapat membantu meringankan gejala depresi dan kecemasan.

Mengonsumsi teh kombucha memberikan sedikit rasa lega, dan membantu meningkatkan suasana hati dengan meningkatkan produksi hormon seperti serotonin. 

BACA JUGA:Ternyata Tempe Bisa Jadi Obat Maag, dr Zaidul Akbar Bagikan Caranya

Kandungan probiotik pada kombucha dapat membantu meringankan gejala depresi dan kecemasan.

Kategori :