Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat yang Efektif

Selasa 09-07-2024,14:04 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

BACA JUGA:Mengenal Jerawat Hiperandrogen dan Cara Penanganannya

8. Chemical peeling
Perawatan ini dilakukan dengan cara mengoleskan larutan kimia ke area kulit yang mengalami bopeng. Proses ini membuat lapisan kulit paling luar terkelupas, sehingga lapisan kulit baru yang lebih halus tumbuh. Dengan begitu, sehingga bopeng bekas jerawat pun tersamarkan. Hasil chemical peeling baru akan terlihat setelah 3–4 kali sesi dilakukan.

9. Microneedling
Perawatan ini dilakukan oleh dokter kulit dengan menggunakan jarum kecil. Berbeda dengan mikrodermabrasi yang dilakukan untuk menghilangkan lapisan terluar kulit, microneedling dilakukan dengan cara membuat luka kecil, sehingga kulit terkelupas dengan sendirinya dan memicu pergantian kulit. Microneedling juga akan memicu peningkatan produksi kolagen, sehingga efektif sebagai salah satu cara menghilangkan bopeng bekas jerawat.

10. Dermal filler
Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat lainnya adalah dengan dermal filler. Prosedur ini dilakukan dengan cara menyuntikan cairan khusus tepat di bawah permukaan kulit. Dengan demikian, kulit yang bopeng akan terisi dan menjadi lebih halus. Perawatan untuk menyamarkan kulit bekas bopeng ini umumnya perlu diulang setiap 6–18 bulan sekali. Namun, pada beberapa kasus, hasilnya sudah menjadi permanen, sehingga tidak perlu diulang.

BACA JUGA:Tips Diet Garam Untuk Hindari Stroke dan Penyakit Jantung

11. Terapi laser
Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat ini menggunakan laser ablatif untuk memperbaiki penampilan kulit. Prosedur ini dilakukan dengan menembakkan sinar pada frekuensi tertentu untuk mengikis lapisan kulit luar dan merangsang pertumbuhan kolagen. Dengan begitu, kulit tampak lebih halus dan kencang, yang kemudian membuat bopeng bekas jerawat tersamarkan.

Jika Anda sudah menerapkan perawatan mandiri untuk menghilangkan bopeng tetapi tidak membuahkan hasil, konsultasikanlah dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dokter akan memeriksa kondisi kulit Anda dan menentukan cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang sesuai.(**)

Kategori :