Jarang Diketahui, Kenali 6 Manfaat Daun Keji Beling untuk Kesehatan

Selasa 09-07-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Selain itu, tanin juga memiliki sifat antibakteri. Dengan begitu, kandungan ini pun mampu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab diare.

3. Menurunkan kadar gula darah

Ekstrak daun keji beling dapat membantu menurunkan kadar gula darah, sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko tinggi terkena diabetes.

BACA JUGA:Mengenal 6 Jenis Racikan Jamu Peningkat Daya Tahan Tubuh

Kandungan flavonoid pada daun keji beling dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Berkat sifat antioksidannya, senyawa ini mampu menangkal radikal bebas yang bisa memicu timbulnya berbagai penyakit kronis, termasuk diabetes. 

4. Mengatasi batu ginjal

Beberapa senyawa di dalam daun keji beling, seperti tanin, saponin, dan flavonoid diketahui bermanfaat untuk menghambat pembentukan batu ginjal. 

Manfaat tersebut diyakini karena senyawa tersebut memiliki sifat diuretik sehingga bisa meningkatkan jumlah cairan dan membantu pelarutan batu ginjal. Dengan begitu, batu ginjal dapat keluar dengan mudah melalui urine.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Daun keji beling dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang pada gilirannya dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

BACA JUGA:Mencegah Konstipasi, Berikut Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kesehatan

Selain mengatasi batu ginjal, flavonoid pada daun keji beling juga bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Manfaat ini berkat sifat antioksidan yang mampu meningkatkan metabolisme kolesterol dan pengeluarannya dari tubuh, sekaligus menjaga kesehatan dinding arteri. 

6. Menyembuhkan luka

Ekstrak daun keji beling memiliki potensi untuk membantu proses penyembuhan luka. Manfaat yang satu ini didapat dari sifat antioksidan yang dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan oksidatif yang dapat memperlambat proses penyembuhan. 

Selain itu, sifat antibakteri dan antiradang yang mampu melawan bakteri serta mengurangi peradangan pada luka.

Kategori :