Kutu Busuk Sering Muncul, Inilah 6 Cara Agar Tidak Digigit Kutu Busuk

Rabu 10-07-2024,09:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kutu busuk adalah serangga kecil, hewan ini biasanya hidup di tempat tidur dan furnitur lainnya yang dapat membuat kulit gatal jika di gigit. Mereka aktif pada malam hari dan menggigit kulit manusia untuk menghisap darah. 

Kutu busuk tentu sangat menggangu. oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara agar tidak digigit kutu busuk sehingga terhindar dari rasa gatal dan iritasi kulit yang dapat ditimbulkan. Apa saja cara yang bisa Anda lakukan? Simak pada ulasan di bawah ini. 

Kutu busuk atau bed bugs (Cimex lectularius) merupakan serangga kecil yang dapat dikenali dengan bentuk badannya yang pipih, berwarna coklat kemerahan, dan tidak bersayap. 

Keberadaan serangga pemakan darah ini mungkin akan sulit diketahui karena ukurannya yang kecil dan hanya aktif di malam hari, terutama saat Anda tertidur.

BACA JUGA: Ini Dia Fakta di Balik Penggunaan Minyak Telon Bayi

Namun, tak jarang, gigitan ini juga bisa menyebabkan infeksi, alergi, dan bahkan syok anafilaktik yang dapat mengancam nyawa. Oleh sebab itu, mengetahui cara agar tidak digigit kutu busuk merupakan hal yang penting. 

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengusir kutu busuk agar tidak di gigit: 

1. Bersihkan tempat tidur secara rutin

Jaga kebersihan rumah dengan rutin membersihkan tempat tidur, menyedot debu, dan mencuci sprei serta selimut. Kutu busuk biasanya bersarang di sudut-sudut yang sulit dijangkau, terutama di dalam lipatan dan jahitan kasur. 

Untuk terhindar dari gigitannya, sebaiknya bersihkan kasur Anda secara rutin. Anda bisa menggunakan alat penyedot debu untuk membersihkan sudut-sudut kasur guna mencegah kutu busuk bersarang di sana. 

BACA JUGA:Orang yang Memiliki Khodam Perjalanan, Ini Ciri-cirinya

Selain itu, jangan lupa untuk mengganti dan membersihkan seprai secara rutin.

2. Bersihkan area kamar

Selain tempat tidur, kebersihan area kamar juga perlu diperhatikan karena beberapa tempat lain di kamar, seperti lemari dan kotak-kotak penyimpanan barang, juga dapat menjadi sarang kutu busuk. 

Oleh karena itu, jangan lupa membersihkan kamar secara rutin, khususnya di sela-sela barang.

Kategori :