Dipuja Para Wanita, Simak Dulu 7 Bahaya Catokan Rambut Untuk Kesehatan, No 7 Harus Diwaspadai

Senin 08-07-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Rambut yang terlalu sering di-catok dengan suhu tinggi dapat membuatnya lebih rapuh dan rentan patah, karena panas merusak protein alami rambut.

Suhu sangat panas yang dihasilkan dari catokan akan langsung meresap ke dalam setiap helai rambut hingga ke akar rambut sehingga menjadi penyebab rambut kering.

BACA JUGA:Sudah Jarang Ditemui, Inilah 9 Manfaat Buah Rukem untuk Kesehatan

Semakin lama, penggunaan catok rambut ini akan merusak dan membuat akar rambut mati sehingga terjadi kerontokan parah dan bisa menyebabkan kebotakan permanen pada rambut anda.

4. Rambut Terlihat Kusam

Rambut terlihat kusam merupakan efek pemakaian catokan yang paling terlihat. Hal ini terjadi karena kekeringan pada rambut kerena mencatok akan menghilangkan kilau alami rambut sehingga tampilannya terlihat semakin kusam dan tidak sehat.

Hal ini bisa terjadi karena kadar minyak alami pada kulit kepala semakin hilang dan tanpa kelembaban yang cukup akan membuat rambut terlihat tidak sehat dan kusam.

5. Rambut Bercabang

Penyebab rambut bercabang dan rusak bisa terjadi karena rusaknya lapisan pelindung bagian terluar rambut.

BACA JUGA:WOW! Anda Bisa Punya Anak Kapan Saja dengan Membekukan Sel Telur

Rambut wanita lebih sering bercabang karena terlalu banyak menggunakan bahan kimia perawatan rambut termasuk styling berlebihan dan pelurusan dengan menggunakan catokan tersebut.

6. Berkurangnya Volume Rambut

Semakin berkurangnya volume rambut atau rambut yang semakin tipis adalah masalah lain yang timbul karena penggunaan catokan.

Semakin tinggi panas yang digunakan pada alat catok, maka semakin tinggi juga risiko kerusakan rambut yang akan membuat rambut anda semakin rontok dan akhirnya terlihat sangat tipis dan tidak bervolume.

7. Iritasi Fisik

Sebagian orang sering kali abai dengan bahaya catokan salah satunya adalah iritasi fisik yang dapat meningkatkan risiko kanker.

Kategori :