Simak 9 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi untuk Penderita Diabetes

Jumat 05-07-2024,18:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan menambah asupan makanan tinggi protein, serat, dan vitamin dapat mengurangi kadar gula darah.

BACA JUGA:Simak 8 Cara Mengatasi Susah BAB pada Anak, Tanpa Obat

Oleh karena itu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks daripada karbohidrat sederhana.

Dimana karbohidrat kompleks terdiri dari beberapa jenis gula yang diolah dalam waktu lama oleh tubuh sehingga tidak akan memicu kenaikan gula darah.

3. Meningkatkan Asupan Serat

Untuk mengganti kebutuhan karbohidrat Anda bisa mengonsumsi serat untuk menambah energi yang dapat menggantikan karbohidrat sebagai sumber energi penting dalam tubuh.

Serat dapat berperan penting dalam memperlambat pencernaan dan penyerapan gula ke dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya lonjakan gula darah secara tiba-tiba. 

BACA JUGA:Kenali 10 Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu, mendapat asupan serat yang cukup juga sangat disarankan bagi penderita diabetes tipe 1, karena dapat memperbaiki kontrol gula darah dan mengurangi kadar gula darah tinggi.

4. Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan

Cara menurunkan gula darah yang selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan secara rutin. Salah satu jenis buah yang dapat Anda konsumsi yaitu buah naga, yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. 

Oleh karena itu, selain dapat menurunkan kadar glukosa, buah ini juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Banyak Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih merupakan salah satu alternatif menurunkan gula darah secara alami. Hal ini karena manfaat minum air putih secara cukup dapat membantu menjaga kadar gula darah. 

BACA JUGA:Bagus Untuk Kesehatan Otak dan Jantung Hingga Buat Wajah Glowing, dr Zaidul: Rutin Konsumsi Ini

Selain itu, dengan cukup air minum air putih juga dapat membantu menjaga kesehatan ginjal dengan mengeluarkan kelebihan gula darah melalui urin.

Kategori :