8 Cara Melatih Kekuatan Otot Punggung Bisa dilakukan di Rumah

Jumat 21-06-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Selain dapat melatih otot bahu, pull up juga bisa menjadi cara melatih kekuatan otot punggung yang bisa dilakukan di rumah. Pull-up adalah latihan beban tubuh yang dapat meningkatkan kekuatan otot punggung. 

Menarik berat badan ke satu titik dapat meningkatkan kestabilan tubuh Anda. Untuk melakukan gerakan ini di rumah, Anda dapat membeli pull-up bar agar bisa melakukan latihan di rumah. 

5. Cabel Row

Cabel merupakan cabel row di mana tubuh akan terasa seperti 'ditarik' karena adanya tekanan. Bisa dengan memasang satu alat olahraga di rumah yang khusus memiliki kabel untuk ditarik.

Setelah itu, tarik tali tersebut dengan badan menjauh. Lakukan gerakan ini berulang untuk hasil yang optimal. Bahkan, kamu bisa memakai handuk untuk cara yang lebh praktis.

Atur posisi berdiri dan pegang ujung handuk yang telah dikaitkan di masing-masing tangan. Remas handuk tersebut dan tarik hingga mendekati dada.

BACA JUGA:Jangan Keburu Putus! Simak Ini Dia 5 Cara Menghadapi Pasangan dengan Gangguan Kecemasan

6. Shoulder blade squeeze

Shoulder blade squeeze menjadi salah satu cara melatih kekuatan otot punggung yang sangat mudah dilakukan dan langkah-langkah yang singkat. Anda hanya memerlukan kursi tanpa sandaran untuk melakukannya. 

7. Hip hinge hold

Selain shoulder blade squeeze, hip hinge hold juga menjadi salah satu cara melatih kekuatan otot punggung lainnya yang mudah dilakukan dengan langkah-langkah yang tergolong singkat. 

8. Seated lower back rotational stretch

Cara melatih kekuatan otot punggung lainnya adalah seated lower back rotational stretch. Gerakan ini memiliki kesamaan dengan shoulder blade squeeze, yakni memerlukan kursi tanpa lengan sebagai alat bantu. 

Itulah latihan dan gerakan yang dapat melatih kekuatan otot punggung. Setelah menjalani cara melatih kekuatan otot punggung, lakukan pendinginan agar tubuh kembali menjadi relaks. Semoga bermanfaat. 

Kategori :