Cek Sebelum Dimasak! Inilah 5 Ciri-ciri Daging Tidak Layak Dikonsumsi

Kamis 20-06-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESSS.COM - Sebelum memasak daging sapi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan salah satunya adalah kelayakan daging untuk dikonsumsi. 

Mengecek kelayakan daging sebelum dikonsumsi merupakan hal penting guna mencegah datangnya penyakit. Oleh karena itu, penting untuk kamu mengetahui bagaimana ciri-ciri daging yang sudah tidak layak konsumsi.

Untuk itu memilah daging sebelum dimasak sangat diperlukan. Berikut cara mengetahui apakah daging masih layak dikonsumsi atau tidak.

1. Bau Daging

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan untuk mengecek kelayakan daging yang ingin Anda olah adalah bau dan aroma daging. Daging yang masih layak dikonsumsi bisa dikenali dari baunya. 

Daging yang segar tidak akan mengeluarkan aroma ganjil atau tidak sedap. Ada dua penyebab daging memiliki bau tidak sedap. Pertama, ketika bau daging seperti mentega tengik, kemungkinan hewan menderita penyakit radang yang bersifat akut pada organ dalam. 

Kedua, jika daging sedikit berbau menyengat dan ada bau obat-obatan, hewan biasanya dalam masa pengobatan dan pernah diberi antibiotika. Kemudian jika baunya sudah tidak sedap, berarti daging telah busuk. 

BACA JUGA:Masokis! Bentuk Penyimpangan Seksual yang Berbahaya

2. Warna Daging

Ciri-ciri kedua yang menandakan jika daging sudah tidak layak untuk dikonsumsi adalah warna daging. Daging yang masih segar dilihat dari warnanya yang merah cerah atau masih kemerahan. 

Jika warna daging berubah menjadi sedikit kecoklatan atau sedikit ungu ini karena proses oksidasi. Daging dengan warna ini masih bisa dikonsumsi. Apabila warna daging sudah kehitaman, artinya daging telah busuk dan lebih baik untuk tidak diolah karena dapat menimbulkan masalah kesehatan. 

3. Tekstur mulai lembek

Ciri ketiga yang dapat kamu perhatikan adalah tekstur pada daging. Daging yang segar seharusnya memiliki tekstur yang padat dan kenyal. Saat ditekan, daging akan kembali ke bentuknya dalam waktu singkat.

Tetapi ketika kualitas kesegarannya mulai menurun, kekenyalan daging ini akan menghilang. Cara untuk memeriksa tekstur daging adalah dengan menekannya menggunakan jari tangan.

Ketika dirasa lebih lunak dan saat ditekan tak kembali ke bentuk semula hal tersebut menandakan kesegaran daging yang harus diragukan. Selain itu ada warna dan cairan yang juga akan berubah seiring rusaknya kesegaran daging.

Kategori :