Jangan Dibentak, Begini Cara Efektif Menghadapi Anak Nakal

Rabu 19-06-2024,17:31 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Kemudian, beri anak sanksi bila ia melanggar aturan tersebut. Nah, bila ia masih nakal dan tidak mau berhenti saat batas jam sudah tiba, maka ibu bisa menghukumnya dan tidak mengizinkannya bermain lagi sampai jangka waktu tertentu. 

Tentu saja orangtua tidak dianjurkan menggunakan kekerasan untuk mendisiplinkan anak, karena cara tersebut hanya akan menyakiti dan membuat ia semakin liar.

BACA JUGA:Minyak Almond! Dikenal Sumber Lemak Sehat yang Kaya Manfaat

3. Hindari Membentak Anak di Depan Umum

Pada saat anak membuat kesalahan di tempat yang ramai seperti acara keluarga atau sedang liburan keluar, orang tua sering kali membentak anak. Padahal hal dan tindakkan tersebut tidak sebaiknya dilakukan karena akan membuat trauma pada anak. 

Saat anak melakukan kesalahan di depan umum, tahan keinginan untuk memarahi dan membentaknya saat ada banyak orang di sekitarnya. Jika ibu memarahi anak di depan umum, tentu cara ini sangat tidak bijaksana. 

Anak mungkin saja tidak sengaja melakukan kesalahan tersebut dan ibu harus benar-benar mencari waktu dan tempat yang tepat untuk menasehatinya. Jadi, berusahalah kendalikan emosi dan bawalah anakl ke ruangan yang lebih sepi. 

Lalu tanyakan baik-baik saat menghadapi anak yang sedang nakal. Setelah itu, baru ibu dapat menasihatinya dengan lembut. Cara ini lebih efektif untuk membuat anak dapat menyadari dan menyesali kesalahannya, daripada caci maki yang akan membuat ia semakin tertekan.

BACA JUGA:Calon Ayah Wajib Tahu! Perhatikan Gaya Hidupmu Demi Anak!

4. Tidak Mencap-nya Dengan Sebutan Anak Nakal

Sebagi orang tua, Anda tidak sebaiknya mengatakan hal yang baik-baik terhadap anak. Kebanyakan orang tua akan mencap anak nya dengan sebutan nakal karena susah diatur.

Dengan melabeli anak dengan ucapan yang tidak pantas tanpa sadar bisa melukai hati anak dan membuatnya menjadi patah semangat, bahkan hilang rasa percaya pada ayah dan ibunya.

Sebaiknya Anda lebih memberi pengertian kepada anak dengan perlahah-lahan dan sikap yang lembut. Dengan begitu anak akan lebih memahami kenapa ia tak boleh melakukan hal serupa di kemudian hari.

5. Jangan Terlalu Sering Memberi Toleransi

Menjadi orang tua adalah sesuatu yang serba salah, marah salah lembut [un salah. Membiarkan anak dan memberikan pengertian lebih kepada anak nakal bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. 

Namun, jika sikap tersebut masih tidak mengubah sikap dan prilaku anak sebaiknya Anda jangan terlalu memberikan toleransi. Bila ibu sudah membuat aturan dan menetapkan sanksi, maka lakukanlah sesuai dengan ketentuan yang dibuat.

BACA JUGA:Bisa Anda Coba! Ini Dia Berbagai Jenis Obat Alami Asam Urat

Kategori :