Doa Pembuka Rezeki Belum Juga Manjur, Panjatkan Di Tiga Waktu Mustajab Ini

Senin 17-06-2024,06:00 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

Padahal, Rasulullah menyebutkan bahwa setiap sujud dalam waktu sholat merupakan waktu terbaik untuk memanjatkan doa. Di luar bacaan sholat, Rasulullah SAW bersabda:

"Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu." (HR Muslim)

Menurut Buya Yahya, membaca doa lain selain bacaan sholat saat sujud diperbolehkan, namun ada dua aturan yang harus dipatuhi.

Pertama, tidak boleh membaca doa tambahan saat sujud dengan bahasa Indonesia.

"Saat sholat itu sebaiknya menggunakan bahasa Arab, atau sebaik-baiknya doa yang juga dipanjatkan nabi," terang Buya Yahya.

Kedua, Buya Yahya menekankan bahwa membaca doa lain saat sujud sebaiknya dilakukan saat sholat sendiri.

Menurut Buya Yahya, jika seorang imam membaca doa lain saat sujud dan memperpanjang sujudnya, maka ia telah berlaku zalim.

BACA JUGA:Ketika Susah Tidur, Baiknya Amalkan Doa Berikut Ini

BACA JUGA:Agar Mudah Menerima Kenyataan, Amalkan Doa Berikut Ini

3. Waktu Ketiga

Pada Hari Jumat merupakan raja hari atau sayyidina ayam. Oleh karena itu, salah satu waktu yang paling mustajab untuk berdoa adalah di hari Jumat. Rasulullah SAW bersabda:

"Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari Jumat kemudian beliau bersabda: "Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta'. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut," (HR Bukhari dan Muslim).

Ibnu Hajar Al-Asqalani, dalam Fath al-Bâri, menyebutkan 42 pendapat ulama mengenai waktu mustajab untuk berdoa pada hari Jumat. Namun, ada 4 pendapat yang kuat:

1. Waktu sejak imam naik mimbar sampai selesainya salat Jumat.

2. etelah Ashar sampai terbenamnya matahari.

3. Setelah Ashar, tetapi di akhir-akhir hari Jumat.

Kategori :