Tips Mempertahankan Kejantanan agar Pria Tahan Lama Saat Bercinta

Kamis 13-06-2024,22:02 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada berbagai cara mempertahankan kejantanan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah disfungsi kejantanan, mulai dari konsumsi makanan bernutrisi hingga berhenti merokok. Dengan begitu, hubungan Anda dan pasangan pun akan lebih harmonis.

Sulit mempertahankan kejantanan pada pria disebut juga disfungsi kejantanan. Kondisi ini terjadi ketika penis tidak bisa mempertahankan kejantanan atau bahkan tidak bisa kejantanan sama sekali. Selain menurunkan rasa percaya diri pria, disfungsi kejantanan juga dapat mengganggu keharmonisan hubungan dengan pasangan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mempertahankan kejantanan bagi pria.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Tandai Pembangunan PLN Hub, Pusat Ekosistem Transisi Energi dan Layanan Digital di Jantung IKN

Berbagai Penyebab Gangguan kejantanan
Risiko terjadinya disfungsi kejantanan biasanya meningkat seiring pertambahan usia. Selain itu, gangguan kejantanan juga bisa terjadi karena beberapa hal, yaitu:

- Penyakit atau kondisi medis tertentu, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, stroke, obesitas, dan penyakit saraf
- Gangguan kesehatan mental, misalnya depresi
- Riwayat operasi pada prostat atau penis
- Efek samping obat-obatan, seperti antidepresan, antihistamin, obat penurun tekanan darah, kemoterapi, terapi hormon, dan obat untuk mengatasi gangguan prostat
- Kebiasaan hidup yang kurang sehat, seperti jarang berolahraga, sering merokok, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, atau memakai narkoba

BACA JUGA: Dorong Kreativitas Mahasiswa Lewat Perfilman, Prodi Jurnalistik Gelar Workshop

Berbagai Cara Mempertahankan kejantanan
Cara mempertahankan kejantanan yang paling penting adalah mengetahui lebih dulu penyebabnya agar bisa diobati atau dicegah. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara mempertahankan kejantanan:

1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi
Mengonsumsi makanan bernutrisi dapat melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke area penis, sehingga kejantanan pun dapat bertahan lebih lama. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat yang dapat Anda konsumsi untuk mempertahankan kejantanan:

- Buah-buahan, seperti alpukat, cabai, dan semangka
- Rempah-rempah, misalnya bawang putih, bawang bombay, dan lada
- Makanan laut, seperti ikan salmon, tuna, dan kerang
- Cokelat hitam
- Kacang
- Telur

BACA JUGA:Bisa Anda Coba! Ini Dia Berbagai Jenis Obat Alami Asam Urat

2. Olahraga secara rutin
Olahraga, seperti berjalan kaki, berlari, berenang, dan latihan aerobik, bisa membuat sirkulasi darah dalam tubuh lebih lancar. Beberapa riset menunjukkan bahwa pria yang rutin berolahraga bisa mengalami penurunan risiko mengalami disfungsi kejantanan hingga 41%.

Tidak hanya baik untuk mempertahankan kejantanan, olahraga secara rutin juga baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Rekomendasi waktu olahraga yang disarankan adalah 30 menit setiap hari atau minimal 3–5 kali per minggu. Anda bisa mencoba berbagai jenis olahraga untuk meningkatkan performa seksual, tetapi tidak disarankan untuk bersepeda terlalu lama karena olahraga ini dapat mengurangi kelancaran aliran darah pada penis. Hal ini diduga dapat meningkatkan risiko terjadinya disfungsi kejantanan.

3. Lakukan senam Kegel
Senam Kegel merupakan salah satu cara mempertahankan kejantanan yang baik dan bahkan dapat mengatasi ejakulasi dini. Olahraga ini dapat memperkuat otot panggul, sehingga menjaga penis tetap mengeras pada saat kejantanan.

BACA JUGA:Tips Mengusir Dahak di Tenggorokan secara Alami

4. Kurangi stres
Saat mengalami stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol. Sebagai dampaknya, Anda pun akan kesulitan untuk mempertahankan kejantanan dan berisiko mengalami penurunan libido.

5. Jaga berat badan agar tetap ideal
Memiliki berat badan ideal juga termasuk salah satu cara mempertahankan kejantanan yang baik. Sebuah studi menyatakan bahwa pria obesitas lebih banyak mengalami masalah disfungsi kejantanan daripada pria dengan berat badan ideal. Hal ini berdasarkan dugaan bahwa pria obesitas lebih rentan terkena diabetes dan kolesterol tinggi, sehingga kejantanan sulit dipertahankan.

6. Batasi konsumsi minuman beralkohol
Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat mengganggu fungsi hati dan kelancaran aliran darah. Hal ini pun dapat mengganggu kemampuan Anda untuk mempertahankan kejantanan. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk membatasi konsumsi minuman beralkohol sebagai salah satu cara mempertahankan kejantanan.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Kerokan dalam Mengatasi Masuk Angin

7. Hentikan kebiasaan merokok
Kandungan nikotin di dalam rokok bisa menyebabkan aliran darah ke penis terganggu, sehingga membuat penis sulit kejantanan. Mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok bisa dilakukan sebagai cara untuk mempertahankan kejantanan.

Tidak hanya itu, beberapa studi juga mengungkapkan bahwa performa seksual bisa meningkat dengan berhenti merokok. Dengan mengikuti berbagai cara mempertahankan kejantanan di atas, Anda dan pasangan bisa mencapai kenikmatan seksual dengan maksimal dan hubungan pun menjadi lebih harmonis. Namun, bila berbagai cara mempertahankan kejantanan tersebut belum efektif dan Anda masih mengalami masalah disfungsi kejantanan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.(**)

Kategori :