Inilah 8 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan, Bagus Untuk Pria

Minggu 16-06-2024,10:29 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Jumlah air yang banyak pada semangka membantu merangsang pelepasan kelebihan cairan dalam bentuk keringat. 

Kemudian, suhu tubuh Anda akan menurun setelah memakan semangka di tengah panasnya cuaca. Karena manfaat ini, tidak heran bila masyarakat di daerah tropis sering mengonsumsi buah semangka.

4. Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit

Sudah bukan rahasia umum lagi bila vitamin A dan C yang bisa Anda jumpai pada buah semangka sangat bermanfaat bagi kulit dan rambut. 

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang berperan penting dalam menyembuhkan jaringan ikat dan meningkatkan produksi kolagen.

Sementara itu, vitamin A dapat membantu memperbaiki sel kulit dan membuatnya tetap muda, serta kenyal. 

BACA JUGA:Kenali 10 Manfaat Minyak Almond Untuk Kulit Wajah yang Sayang Dilewatkan

5. Meningkatkan metabolisme tubuh.

Manfaat buah semangka lainnya adalah untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem imun tubuh merupakan mekanisme penting yang bertugas untuk melawan bakteri atau virus penyebab penyakit.

Antioksidan di dalam semangka dapat membantu menangkal radikal bebas yang menyebabkan sistem imun lemah. Dengan begitu, sistem imun tubuh dapat bekerja dengan baik untuk melawan penyakit.

6. Mengonsumsi semangka dapat mencegah asma.

Beberapa ahli percaya bahwa radikal bebas berkontribusi pada perkembangan asma. Jika di dalam paru-paru terdapat antioksidan tertentu, termasuk vitamin C, maka risiko asma dapat dikurangi.

Segelas semangka dengan berat sekitar 154 gram (g) menyediakan sekitar 12,5 milligram (mg) vitamin C, atau antara 14% dan 16% dari kebutuhan harian seseorang.

BACA JUGA:Simak 5 Bahaya Konsumsi Makanan Pedas Secara Berlebihan

7. Menjaga kesehatan mata 

Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh semangka dapat membantu untuk mencegah dan menghambat pembentukan katarak. Selain itu, antioksidan dapat membantu untuk mengurangi risiko degenerasi makula, yakni kerusakan pada makula (area kecil di retina). 

Kategori :