Simak 7 Cara Melatih Otot Perut Bisa Dilakukan Dirumah

Kamis 13-06-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

4. Crossover crunch

Cara melatih otot perut dengan cepat dan mudah dilakukan lainnya adalah melalui gerakan yang disebut crossover crunch yang juga merupakan latihan untuk menguatkan otot perut. Gerakan crossover crunch dilakukan dengan cara berbaring diatas matras lalu menarik kaki hingga menyentuh sikut sedangkan satu kakinya tetap lurus.

Kontraksi perut perlu dilibatkan untuk dapat mengangkat kaki dan bahu secara bersamaan dan pastikan agar leher tidak ikut terangkat sehingga cedera dapat terhindarkan dari latihan ini.

5. Leg raise

Jenis gerakan lain yang juga dapat membantu dalam membentuk otot perut disebut leg raise yang merupakan salah satu gerakan senam untuk mengecilkan perut. Latihan leg raise dilakukan dengan cara berbaring terlentang dengan posisi tubuh lurus.

Tangan disisipkan dibawah bokong lalu angkatlah kaki hingga bagian bokong ikut terangkat juga. Untuk hasil yang maksimal dan cepat dalam membentuk otot perut maka lakukan leg raise ini sebanyak 10 – 15 kali dalam 3 – 5 set latihan.

BACA JUGA:Daftar 5 Aplikasi Penghasil Saldo DANA Gratis Terpercaya, Terpopuler di Indonesia

6. Bird Dog 

Mulailah dengan posisi seperti meja, yaitu bahu di atas pergelangan tangan dan pinggul di atas lutut. Setelah itu, gerakan lengan kanan dan kaki kiri secara bersamaan. Kaki harus kembali ditekuk saat menendang ke belakang, begitu juga dengan telapak tangan harus menghadap ke arah tubuh usai menggerakkan lengan lurus ke depan. 

Setelah itu, berhentilah selama satu detik saat lengan dan kaki  sama tinggi dengan batang tubuh, lalu dekatkan siku dan lutut di bawah tubuh. Lakukan latihan ini sebanyak 5 kali untuk satu sisi tubuh.

7. Reverse crunch

Tidak seperti latihan otot perut bawah sebelumnya, teknik ini dimulai dengan posisi duduk dengan lutut ditekuk 90 derajat. Kemudian luruskan lengan setinggi dada dengan telapak tangan saling berhadapan. 

Saat membuang napas, tarik pusar ke arah tulang belakang. Lakukan hal ini hingga tulang belakang Anda menyerupai huruf C. Tarik napas dan kembali ke posisi awal. Cobalah untuk melakukan latihan ini sebanyak 15 kali.

BACA JUGA:Daftar 5 Aplikasi Penghasil Saldo DANA Gratis Terpercaya, Terpopuler di Indonesia

Itulah beberapa cara melatih otot perut dengan cepat dan mudah dilakukan dirumah tanpa menggunakan alat alat senam khusus. Konsisten dalam melakukan setiap harinya menggunakan beberapa latihan yang sudah dijelaskan sebelumnya akan membantu Anda melatih dan membentuk otot perut dengan cepat.

Kategori :