Inialah 5 Penyebab Setrika Tidak Panas

Rabu 12-06-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

4. Masalah Stop Kontak

Sebelum menyalakan setrika, ada baiknya kita periksa terlebih dahulu stopkontak yang digunakan. Pastikan stop kontak tersebut berfungsi dengan baik dengan mencolokkan alat elektronik lain.

Kerusakan setrika tidak selalu berasal dari alatnya sendiri, melainkan bisa juga dari stopkontak yang bermasalah. Stop Kontak yang rusak dapat menyebabkan setrika tidak panas.

Oleh karena itu, mencobalah mencolok setrika pada stop kontak yang berbeda. Jika setelah dicoba di stop kontak lain setrika berfungsi dengan baik, maka dapat disimpulkan bahwa masalahnya ada pada stop kontak sebelumnya.

BACA JUGA:Inilah Penyebab Hb Rendah yang Perlu Diketahui

5. Termostat Rusak

Penyebab terakhir yang membuat sertrika tidak panas saat digunakan adalah termostat yang rusak. Termostat merupakan komponen penting pada setrika yang berfungsi mengatur panas. 

Jika thermostat rusak, setrika tidak akan panas, sehingga proses menyetrika menjadi terhambat. Kerusakan thermostat biasanya ditandai dengan lampu indikator setrika mati dan tidak panas. 

Hal ini terjadi karena pelat bimetal pada termostat tidak dapat bekerja dengan baik untuk mengatur aliran listrik ke elemen pemanas. Penggunaan setrika yang berlebihan tanpa jeda istirahat yang cukup dapat menyebabkan kerusakan pada komponen internalnya, termasuk thermostat.

Nah, itulah penyebab mengapa setrika menjadi tidak panas saat digunakan. Dengan memperhatikan setrika dan merawatnya setelah dipakai Anda dapat mencegah kerusakan dan membuat setrika lebih awet. 

Kategori :