Mengenal 5 Manfaat Berjemur di Pagi Hari, Cara Simple Membentuk Daya Tahan Tubuh

Sabtu 15-06-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Berjemur tenyata dapat memenuhi asupan vitamin D. Dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi, kamu bisa meningkatkan kesehatan tulang di dalam tubuh. Sebab, vitamin D dari sinar matahari akan merangsang proses penyerapan kalsium yang bagus untuk tulang.

Apalagi vitamin D secara alami bisa merangsang fosfor yang membuat tulang kamu menjadi lebih kuat. Selain itu, perlu diketahui bahwa vitamin D3 sendiri termasuk jenis yang larut di dalam lemak.

Dengan demikian, apabila kamu punya vitamin D3 yang lebih tinggi di dalam darah, kemungkinan patah tulang juga akan semakin kecil. Hal ini dikarenakan vitamin tersebut berperan dalam hal kepadatan tulang.

BACA JUGA:Inilah Manfaat Susu Murni Beserta Efek Sampingnya

4. Meningkatkan Pertumbuhan Anak

Pernahkah Anda melihat bayi yang rutin dijemur setiap pagi? Jika pernah, menjemur anak atau bayi di pagi hari dipercaya memiliki manfaat untuk meningkatkan pertumbuhan pada anak terutama pada bayi. 

Menjemur bayi memang dianjurkan karena sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat untuk kulit si kecil. Selain itu, berjemur akan membantu memecah bilirubin dalam darah bayi sehingga kadarnya kembali normal.

Sinar matahari juga mengandung spektrum cahaya biru yang bisa mengurangi kadar bilirubin. Bilirubin sendiri merupakan hasil dari pemecahan sel darah merah, yakni pigmen berwarna oranye kuning yang proses terbentuknya terjadi secara alami.

Nah, kadar bilirubin yang berlebihan inilah yang dapat memicu penyakit kuning. Dengan kata lain, fungsi berjemur di pagi hari salah satunya adalah mengatasi penyakit kuning tersebut.

BACA JUGA:Parenteral! Metode Pemberian Nutrisi dan Obat dari Pembuluh Darah

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Selanjutnya manfaat umum yang sering sekali dirasakan oleh sebagian orang adalah meningkatnya fungsi kinerja pada otak. Hak ini bukan tanpa alasan, pasalnya diketahui jika sinar matahari pada pagi hari bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak.

Hal tersebut dijelaskan oleh seorang ilmuwan saraf dari University of Cambridge, bahwa kadar vitamin D yang rendah pada sekitar 1.700 orang akan memengaruhi fungsi kognitif yang terus berkurang.

Beberapa penelitian lain pun mendukung pernyataan tersebut karena sinar matahari dapat membantu pertumbuhan sel saraf yang ada di hippocampus (salah satu bagian dari otak).

Nah, itulah manfaat berjemur di pagi hari. Dengan sejumlah manfaat yang di tawarkan apakah Anda masih ragu untuk berjemur di pagi hari? Yuk, rutin berjemur di pagi hari hanya 10-15 Menit untuk meningkatkan kesehatan tubuh. 

Kategori :