Tips Memulai Budidaya Ikan Mas di Dalam Keramba

Minggu 09-06-2024,20:45 WIB
Reporter : Bakti Setiawan
Editor : Ari Apriko

BACA JUGA:Tips Mempersiapkan Kolam Untuk Budidaya Ikan Gabus

Ukuran mata jaring atau mesh size yang umum digunakan adalah 1/2 inci, 1 inci, dan 2 inci, yang dapat dibeli dalam bentuk gulungan dengan harga yang telah ditentukan. 

Jika Anda ingin menggunakan keramba yang sudah jadi, Anda dapat menghubungi petani ikan mas di lokasi budidaya yang umumnya juga menerima pesanan pembuatan keramba.

Setelah keramba dibuat, penting untuk membiarkannya selama beberapa hari hingga kering tergantung pada cuaca, biasanya sekitar 3 hingga 5 hari. Proses penjemuran ini diperlukan agar mikroorganisme penyakit dalam keramba dapat mati.

3. Pengapuran dan Pemupukan Keramba

Pengapuran keramba bertujuan untuk menetralkan pH air. Hal ini penting karena jika pH air terlalu rendah, tidak cocok untuk budidaya ikan mas. pH yang ideal untuk budidaya ikan mas adalah antara 7 hingga 8. 

Selain itu, dalam proses pemupukan, biasanya digunakan pupuk organik seperti kotoran sapi, kambing, ayam, atau kerbau. Jika diperlukan, pupuk kimia juga dapat ditambahkan.

4. Pengelolaan Air

Air merupakan habitat utama ikan, sehingga harus dijaga kebersihannya agar ikan mas dapat tumbuh sehat dan berkembang biak secara normal. Air yang kotor dan berbau harus segera diganti dengan air bersih. 

Selain itu, pemberian pakan harus disesuaikan agar tidak ada sisa pakan yang dapat mencemari air dan memicu pertumbuhan bakteri penyebab penyakit pada ikan mas.

BACA JUGA:Tips Cara Merawat Air Kolam Pada Budidaya Ikan Gabus

BACA JUGA:Tips Memberi Pakan pada Budidaya Ikan Gabus

5. Menyiapkan Induk Ikan Mas

Calon indukan harus berasal dari keturunan unggulan agar benih yang dihasilkan berkualitas tinggi. Ikan mas betina yang disortir untuk dipijahkan biasanya berumur 1,5 hingga 2 tahun dengan berat sekitar 2 kilogram. 

Sedangkan, induk jantan harus berusia minimal 8 bulan dengan berat sekitar 1/2 kilogram. Untuk membedakan jenis kelamin ikan mas, dapat dilakukan dengan mengurut perut dari arah perut menuju ekor. 

Jika keluar cairan berwarna putih dari kelaminnya, itu menandakan ikan mas tersebut adalah jantan.

Kategori :