Kebiasaan Rasulullah SAW di Awal Dzulhijjah, Ustaz Abdul Somad: Informasi Langsung dari Istri Nabi

Jumat 07-06-2024,05:00 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

BACA JUGA:Selain Ada Anjing, Ustaz Abdul Somad Sebut Malaikat Rahmat Tak Akan Masuk Rumah yang Ada Ini

Ustaz Abdul Somad menjelaskan bahwa awal Dzulhijjah adalah hari yang paling baik, karena tidak ada waktu yang lebih baik daripada 10 hari awal Dzulhijjah.

Bagi yang berpuasa sunnah, ini adalah kebiasaan Rasulullah SAW di awal Dzulhijjah dan mendapatkan banyak pahala karena beramal di hari yang terbaik.

Ustaz Abdul Somad juga menyebutkan adanya hadits lain dari istri Nabi Muhammad SAW, Sayidah Aisyah, yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW tidak berpuasa di awal Dzulhijjah ketika sedang dalam perjalanan.

Ustaz Abdul Somad menegaskan bahwa ini berarti Rasulullah SAW tidak berpuasa, termasuk puasa Dzulhijjah, saat sedang dalam perjalanan.

Namun, ketika tidak dalam perjalanan, Rasulullah SAW bisa melakukan puasa sunnah awal Dzulhijjah.

"Jika mampu puasa maka berpuasa, kalau tidak bisa puasa, maka kerjaan sholat sunnah, tidak bisa sholat sunnah maka kerjakan baca Quran, tidak bisa baca Quran maka perbanyak dzikir kepada Allah," terang Ustaz Abdul Somad.

Menurut Ustaz Abdul Somad, tidak ada waktu yang lebih baik untuk beramal daripada 10 hari awal bulan Dzulhijjah.

Kebiasaan Rasulullah SAW adalah berpuasa sunnah, yang disebut puasa Dzulhijjah, dari tanggal 1 Dzulhijjah. Pada tanggal 8 Dzulhijjah, umat Muslim berpuasa Tarwiyah. Kemudian, pada tanggal 9 Dzulhijjah, umat Muslim berpuasa Arafah, sehari sebelum Hari Raya Idul Adha.

Pada hari ke-10 Dzulhijjah atau Hari Raya Idul Adha, Rasulullah SAW melakukan puasa sunnah dengan tidak makan dan minum sebelum Sholat Idul Adha.

BACA JUGA:Hati-hati! Meskipun Tak Pernah Sholat Tapi Rezeki Tetap Lancar, Ustaz Abdul Somad Ingatkan Ini

BACA JUGA:Apakah Kita Termasuk? Berikut Penjelasan Ustaz Abdul Somad Tentang Orang yang Divonis Tak Masuk Surga

Setelah Sholat Idul Adha, beliau baru makan dari daging hewan qurban. Ustaz Abdul Somad menegaskan bahwa tidak makan dan minum sebelum Sholat Idul Adha, dan baru makan setelahnya, meskipun tidak berpuasa, mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa.

Itulah penjelasan Ustaz Abdul Somad tentang kebiasaan yang dilakukan oleh Rasulullah di awal bulan Dzulhijjah. Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :