Simak 10 Bahan Alami yang Efektif Menyembuhkan Sariawan

Kamis 06-06-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

4. Kumur dengan soda kue

Soda kue dapat mengembalikan keseimbangan pH dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu menyembuhkan sariawan. Bahan ini tidak berbahaya apabila kamu tidak menelannya.

Larutkan 1 sendok teh soda kue dalam 1/2 gelas air. Aduk sampai tercampur. Kemudian, kumur dengan larutan tersebut selama 15-30 detik, lalu keluarkan. Ulangi setiap hari sampai sembuh.

5. Madu

Madu adalah zat dari lebah yang memang mengandung khasiat yang sangat tinggi. Madu mengandung bahan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas.

Selain itu madu juga mengandung bahan alami yang bisa melawan bakteri dan kuman penyebab sariawan. Selain itu madu memiliki rasa yang manis sehingga sangat nyaman untuk digunakan pada sariawan.

BACA JUGA:Kaya Akan Vitamin dan Nutrisi, Inilah 7 Manfaat Terong Belanda Untuk Kesehatan Tubuh

6. Minyak kelapa

Studi Measuring the antimicrobial activity of lauric acid against various bacteria in human gut microbiota using a new method, yang terbit pada Cell Transplantion mengungkapkan, minyak kelapa bersifat antibakteri berkat asam lauratnya. Melalui manfaat ini, minyak kelapa bisa menjadi obat sariawan yang disebabkan bakteri.

Minyak kelapa juga punya sifat antiinflamasi alami sehingga membantu mengurangi kemerahan dan nyeri. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan minyak ini secukupnya ke luka. Lakukan beberapa kali sehari sampai sembuh. 

7. Kumur dengan cuka sari apel

Asam dalam cuka apel disinyalir membantu membunuh bakteri yang mengiritasi luka sariawan. Namun, pengobatan ini masih kontroversial. 

Pasalnya, makanan asam dapat menyebabkan atau memperburuk sariawan pada beberapa orang. Maka dari itu, kamu perlu menggunakannya dengan hati-hati.

BACA JUGA:Jangan Disepelekan, Inilah Penyebab Seseorang Mudah Kelelahan

8. Kayu manis

Kayu manis memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan antiradang. Untuk mengatasi sariawan, kamu bisa mengonsumsi campuran dari bubuk kayu manis dan air hangat atau mengoleskan minyak kayu manis. Meski bermanfaat, penelitian lebih lanjut masih diperlukan guna memastikan khasiat ini.

Kategori :