Bisa Mencegah Stres dan Gangguan Kecemasan, Berikut 8 Manfaat Minyak Nilam untuk Kesehatan

Jumat 07-06-2024,09:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Jika Anda sedang dalam kondisi yang stres dan mengalami gangguan kesemasan, cobalah hirup aroma minyak nilam yang menenangkan sekaligus menyegarkan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak nilam dapat mengurangi stres, cemas, bahkan depresi dengan cara menenangkan sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi dopamin. Dopamin adalah hormon yang bertanggung jawab dalam melawan stres dan meningkatkan suasana hati.

5. Mengatasi hidung tersumbat

Ada banyak cara mengatasi pilek, salah satunya dengan menghirup minyak esensial, seperti minyak nilam. Penggunaan minyak nilam sebagai aromaterapi atau inhaler alami ini dapat melegakan napas, mengatasi hidung tersumbat, sekaligus memberi sensasi kehangatan dan kenyamanan bagi tubuh.

BACA JUGA:Ketahui 5 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan, Bantu Cegah Dehidrasi Hingga Bantu Program Diet

6. Merawat kulit kering dan berjerawat

Minyak esensial ini bermanfaat untuk melembapkan kulit dan cocok digunakan untuk merawat kulit kering. Selain itu, sifat antiradang pada minyak nilam juga dapat meredakan jerawat dan kemerahan di kulit.

Guna memperoleh manfaat minyak nilam untuk kulit yang aman dan maksimal, sebaiknya jangan langsung mengoleskannya ke kulit karena khawatir menyebabkan reaksi alergi. am.

7. Menyamarkan kerutan di kulit

Penggunaan produk perawatan kulit dengan kandungan minyak nilam secara rutin juga dapat menyamarkan tanda-tanda penuaan kulit, seperti keriput dan garis-garis halus, sehingga kulit tampak kencang dan awet muda. 

BACA JUGA:Kaya Akan Vitamin dan Nutrisi, Inilah 7 Manfaat Terong Belanda Untuk Kesehatan Tubuh

8. Mengatasi ketombe dan merawat rambut berminyak

Selain untuk kulit, minyak nilam juga bermanfaat bagi kesehatan rambut. Menambahkan beberapa tetes minyak nilam ke sampo atau kondisioner dapat mengurangi ketombe, menyeimbangkan kelembapan rambut, bahkan mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.

Minyak ini juga bisa digunakan langsung untuk memijat kulit kepala guna meningkatkan kesehatan kulit kepala sekaligus meredakan nyeri kepala. Namun, jangan lupa untuk mengencerkan minyak nilam dengan carrier oil terlebih dahulu sebelum mengoleskannya ke kulit kepala.

Itulah manfaat minyak nilam untuk kesehatan. Minyak nilam memang tidak sepopuler minyak esensial lainnya. Namun, siapa sangka jika minyak ini memiliki banyak kandungan yang berkhasiat untuk tubuh.

Kategori :