Kaya Akan Nutirsi, Berikut 6 Manfaat Ayam Kampung Untuk Kesehatan

Minggu 02-06-2024,16:33 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BACA JUGA:Bukan Sembarang Kaki, Inilah 5 Manfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan Tubuh

3. Mencegah katarak

Manfaat telur ayam kampung yang satu ini berasal dari kandungan vitamin A, lutein, dan zeaxanthin yang terdapat pada kuning telur yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya katarak. 

Vitamin A memang dikenal baik untuk mengoptimalkan kemampuan penglihatan. Lutein dan zeaxanthin dibutuhkan sebagai antioksidan aktif yang hidup di sekitar retina. Lutein dan zeaxanthin termasuk dalam jenis karotenoid untuk membantu mata melakukan filter spektrum ultraviolet dan sinar biru berenergi tinggi.

Selain itu, telur ayam kampung juga mengandung dua per tiga lebih banyak vitamin A dari telur ayam negeri yang juga berperan untuk mendukung kesehatan mata.

4. Mengoptimalkan fungsi otak

Selain berkhasiat untuk kesehatan jantung, kolin pada telur ayam kampung juga dapat membantu menjaga kesehatan otak. Kolin bertugas untuk mengoptimalkan produksi sel-sel otak serta membangun membran sel yang berfungsi mengantarkan sinyal pada otak.

BACA JUGA:Minuman Ini Ampuh Lawan Sel Kanker, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

Dalam satu butir telur ayam kampung, terkandung kurang lebih 100 gram kolin. Beberapa vitamin dan mineral lain yang terdapat pada telur juga membantu otak dan sistem saraf bekerja dengan lebih efektif.

5. Mendukung perkembangan sel

Telur merupakan salah satu sumber protein berkualitas tinggi. Protein adalah zat yang sangat penting dalam pembentukan sel tubuh sehingga bermanfaat untuk keberlangsungan kerja setiap organ.

Pada protein terdapat asam amino esensial yang memiliki fungsi penting untuk mengoptimalkan perkembangan struktur sel sekaligus membantu sel agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Jumlah asam amino yang terdapat dalam telur ayam kampung juga sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh. Alhasil, tubuh bisa langsung mendapatkan seluruh manfaat dari protein.

BACA JUGA:Mengenal Ragam Manfaat Masker Bengkoang untuk Perawatan Kulit Wajah

6. Membangun massa otot

Sebagai sumber protein, telur ayam kampung juga punya manfaat untuk meningkatkan massa otot sekaligus memperkuat kerja otot.

Kategori :