Tips Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Jumat 31-05-2024,19:45 WIB
Reporter : Bakti Setiawan
Editor : Ari Apriko

BACA JUGA:Tidak Hanya untuk Pakan Ternak! Ini Beragam Manfaat Bekatul bagi Kesehatan

BACA JUGA:Tips Memulai Ternak Bebek Petelur

2. Tempatkan tempat bertengger kayu secara strategis di sekitar kandang untuk memberi ruang bagi burung lovebird bermain dan terbang.

3. Siapkan dan pasang pencahayaan spektrum penuh. Posisikan lampu tidak lebih dari 1 kaki di atas kandang pembiakan.

4. Colokkan pengatur waktu ke lampu dan atur pengatur waktu agar pasangan memiliki minimal sepuluh jam kegelapan setiap malam. Mengatur jadwal cahaya burung Anda dapat meningkatkan perilaku berkembang biak.

5. Pasang kotak sarang ke kandang. Tempatkan di area yang dapat Anda centang kotaknya secara berkala untuk memantau telur yang diletakkan.

6. Tempatkan serutan kayu bersih ke dalam kotak sarang untuk membuat lapisan sekitar 1 inci. Lovebird akan menendang keluar beberapa serutan ini dan mengaturnya sesuai keinginan mereka saat bersarang.

7. Pertimbangkan untuk menempatkan sepasang lovebird yang ingin Anda kawinkan dalam satu ruangan dengan pasangan lovebird lainnya. Kotak-kotak ini harus memiliki jenis dan ukuran yang sama, dan ditempatkan pada ketinggian yang sama. Tinggi kotak sarang yang sama akan mencegah perkelahian antar pasangan lovebird.

8. Burung lovebird dapat terdorong oleh suara perkembangbiakan lovebird lain di dalam ruangan.

BACA JUGA:Tips Sukses dan Dapatkan Omset Tinggi, Ini 5 Cara Ternak Entok

BACA JUGA:Tips Sukses Beternak Sapi, Ini 7 Langkah yang Perlu Diperhatikan

9. Tambahkan suplemen kalsium ke makanan burung pembiakan. Karena bertelur bisa menguras kalsium betina. Anda bisa pilih suplemen alami atau yang buatan.

10. Menyajikan makanan hangat dan matang dapat mendorong perilaku bersarang.(**)

Kategori :