Jangan Sampai Terlena, Inilah 6 Efek Samping Mengonsumsi Durian Berlebih

Sabtu 08-06-2024,11:34 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BACA JUGA:Hadapi Iklim El Nino, Provinsi Bengkulu Tanam Padi Gogo Dilahan Seluas 270,6 HA

3. Risiko penyakit jantung 

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh konsumsi durian secara berlebihan. Kasus orang meninggal dikarenakan sudah ada riwayat sakit jantung di dalam dirinya.  Penyakit jantung yang diderita akan diperburuk dengan konsumsi durian yang berlebihan. 

Penyebab seseorang terkena sakit jantung dan berakibat kematian adalah degup jantung cenderung cepat. Alkohol dan kandungan kolesterol yang tinggi pada buah durian membuat detak jantung penderita jantung terpacu lebih cepat lagi.

4. Menyebabkan tubuh panas

Ada efek samping lain dari kebanyakan makan durian, yaitu tubuh terasa panas seperti terbakar. Kondisi ini biasa terjadi jika durian dimakan secara berlebihan dan terus-menerus. 

Penyebabnya diduga berasal dari kandungan sulfur dalam durian. Riset dari dalam Food chemistry (2014) menyelidiki apakah sulfur dalam durian punya efek penghangat tubuh sebagaimana kandungan TRPA1 dan TRPV1 dalam bawang putih. 

Hasil uji laboratorium menyimpulkan bahwa terdapat efek pemanasan tubuh dari makan durian seperti ketika makan rempah-rempah.

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Daun Melinjo untuk Kesehatan Tubuh

5. Memicu kegemukan

Jika sedang diet untuk menjaga berat badan, mengonsumsi durian mungkin bukan keputusan yang tepat.  Kandungan kalori dan karbohidrat dalam durian sangat tinggi. Satu kilogram buah durian ukuran sedang mengandung kalori 1.470 kkal. 

Artinya, asupan kalori dari satu durian utuh saja sudah mencukupi hampir 58% kebutuhan kalori harian tubuh. Asupan kalori berlebih yang tidak disertai pembakaran kalori yang cukup dapat meningkatkan risiko kegemukan atau obesitas. 

Berat badan berlebih yang tidak terkontrol dapat memicu Anda terserang penyakit degeneratif, seperti stroke, Alzheimer, hingga gagal jantung.

BACA JUGA:Jangan Disepelekan, Inilah Penyebab Seseorang Mudah Kelelahan

6. Meningkatkan risiko diabetes

Baik pasien diabetes maupun orang yang berisiko tinggi diabetes sebaiknya lebih waspada makan buah durian. Pasalnya, efek kebanyakan makan durian bisa memperparah gejala diabetes atau memicu diabetes.

Kategori :