Kenali 7 Gejala Jantung Lemah, Mendengkur Salah Satunya

Senin 20-05-2024,12:35 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

3. Sering mendengkur dengan keras

Mendengkur menjadi salah satu gejala jantung lemah. Mendengkur yang ringan dan sebentar saat tidur merupakan hal yang wajar. 

Namun, mendengkur dengan sangat keras hingga napas terdengar terengah-engah perlu diwaspadai karena bisa menjadi salah satu gejala jantung lemah.

Pasalnya dengkuran yang keras merupakan cara tubuh mengambil oksigen yang banyak karena adanya periode henti napas sejenak saat tidur. Kondisi yang disebut sleep apnea ini akan memberi kerja ekstra pada jantung sehingga lambat laun membuat jantung membesar dan terjadilah lemah jantung.

4. Tubuh banyak berkeringat

Gejala jantung lemah lainnya yang tidak boleh diabaikan adalah sering berkeringat yang lebih banyak daripada biasanya, baik saat beraktivitas maupun istirahat. Contohnya, sprei tempat tidur sampai basah kuyup karena keringat. 

Berkeringat banyak bisa menjadi tanda peringatan awal masalah jantung. Hal ini terjadi karena jantung yang lemah perlu berusaha lebih keras untuk memompa darah. Tubuh pun berkeringat lebih banyak guna menjaga suhu tubuh tetap normal.

BACA JUGA:Bantu Turunkan Berat Badan Hingga Obati Batu Ginjal, Inilah Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

5. Mudah lelah

Jantung yang lemah juga ditandai dengan tubuh yang mudah lelah atau kelelahan yang berkepanjangan hingga berhari-hari. Pada kondisi ini, Anda bahkan bisa sangat lelah saat hanya melakukan kegiatan yang ringan, misalnya membawa belanjaan atau menaiki tangga.

Gejala jantung lemah ini muncul karena jantung tidak mampu memompa cukup darah yang kaya oksigen untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Jika Anda sering mudah lelah atau merasa lelah tanpa sebab hingga sulit beraktivitas, bisa jadi ini tanda awal masalah pada jantung.

6. Pembengkakan pada kaki

Hati-hati jika Anda mengalami pembengkakan pada kakai, bisa jadi kondisi tersebut menjadi salah satu gejala jantung lemah.

Ketika jantung tidak bisa memompa darah dengan cukup cepat, darah akan menumpuk di pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan. Bengkak biasanya terlihat di area pergelangan kaki, tungkai, paha, dan perut. 

Kondisi ini juga bisa mempersulit ginjal untuk mengeluarkan kelebihan air dan garam dari tubuh.

BACA JUGA:5 Khasiat Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan

Kategori :