Ampuh Atasi Sembelit, Kenali 5 Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan

Minggu 19-05-2024,08:31 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

4. Mempercepat penyembuhan luka

Salah satu kandungan pada daun jarak yang punya sifat antiperadangan adalah asam risinoleat. Efek antiperadangan ini sering digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka, termasuk meredakan rasa nyerinya.

Namun, perlu diingat kalau kamu tidak boleh mengoleskan minyak jarak murni pada luka, ya. Kamu bisa memilih obat oles khusus luka yang mengandung ekstrak daun jarak.

5. Mengatasi Sariawan 

Manfaat lain dari daun jarak untuk rongga mulut adalah kemampuannya mengatasi sariawan. Senyawa antiinflamasi yang terdapat di dalamnya dapat dijadikan sebagai alternatif pengobatan. 

Ambil getah daun jarak dengan kapas halus. Setelah itu, oleskan getah pada bagian yang terkena sariawan. Lakukan cara ini secara rutin 2-3 kali sehari sampai hasilnya terlihat.

BACA JUGA:Hati-hati, Terlalu Tinggi Asupan Ini, Bisa Menyebabkan Mata Katarak, Simak Penjelasan dr Zaidul Akbar

6. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Penelitian membuktikan kalau daun jarak bisa mencegah pembentukan plak dan gigi berlubang. Manfaat ini berkat sifat antibakteri yang dimiliki oleh daun jarak. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung esktrak getah daun jarak.

Itulah manfaat daun jarak untuk kesehatan. Daun jarak memang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, kalau dikonsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan beberapa efek samping, seperti mual, sakit perut, kream, usus teriritasi, diare, dan alergi.

Kategori :