Sering Dijadikan Lalapan, 5 Manfaat Daun Sintrong Untuk Kesehatan

Minggu 19-05-2024,10:32 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Escherichia coli merupakan bakteri penyebab diare yang paling umum. Para peneliti menyimpulkan bahwa daun ini bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan diare.

Untuk memudahkan konsumsinya dan tidak menimbulkan rasa pahit, Anda bisa membeli sediaan daun ini dalam bentuk obat diare oral alami.

4. Membantu penyembuhan luka

Daun sintrong mempunyai efek anti-inflamasi yang dipercaya bisa membantu menyembuhkan luka. Asalnya, ekstrak daun ini mempunyai efek anti-inflamasi, meningkatkan kepadatan fibroblas, dan menstimulasi pemulihan luka.

Bayam Okinawa memang kaya akan fenolik dan flavonoid yang berperan penting dalam proses penyembuhan luka. 

BACA JUGA:5 Manfaat Rutin Konsumsi Buah Nanas Turunkan Kadar Kolesterol Untuk Kesehatan

5. Membantu melawan radikal bebas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, daun sintrong kaya akan flavonoid dan vitamin C. Kedua senyawa ini berfungsi sebagai senyawa antioksidan yang bisa membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh. 

Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil dan dapat menyebabkan kerusakan sel serta berkontribusi terhadap perkembangan penyakit kronis. Kehadiran flavonoid dan vitamin C pada daun ini membantu menetralkan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Itulah manfaat daun sintrong untuk kesehatan. Selain manfaat di atas, kandungan yang ada pada daun sintrong dipercaya bisa memberikan khasiat yang menawarkan berbagai macam manfaat kesehatan.

Kategori :