Tips Memulai Ternak Bebek Petelur

Rabu 15-05-2024,19:45 WIB
Reporter : Bakti Setiawan
Editor : Ari Apriko

4. Menjaga kebersihan kandang adalah tips terakhir namun tak kalah penting dalam budidaya bebek petelur. Kandang yang terjaga kebersihannya dan dilengkapi dengan sistem sanitasi yang baik dapat berpengaruh signifikan terhadap kondisi fisik dan produktivitas bebek. 

Kandang yang terawat akan membantu bebek dalam menghindari stres dan menjaga kesehatannya, sehingga mereka dapat menjadi lebih produktif dalam menghasilkan telur berkualitas.

Untuk menjaga kebersihan kandang, lakukanlah pembersihan area kandang secara rutin dan bersihkan wadah minum serta tempat pakan setiap hari. 

Selain itu, disinfeksi area kandang secara berkala dengan menggunakan cairan desinfektan juga penting untuk mencegah pertumbuhan kuman dan virus yang berpotensi mengganggu kesehatan bebek.

BACA JUGA:Tips Beternak Ayam di Kawasan Perkotaan

BACA JUGA:Tips Ternak Kambing Agar Cepat Gemuk

Jika Anda baru memulai budidaya bebek, Anda dapat memulainya dengan jumlah bebek yang sedikit terlebih dahulu. Gunakan pekarangan atau lahan kosong di sekitar rumah sebagai lokasi kandang. 

Setelah melihat progres yang baik dalam budidaya ternak, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambah jumlah bebek dan memperluas kandang secara bertahap.(**)

Kategori :