Tips Agar Ikan Gurami Cepat Besar

Sabtu 11-05-2024,19:45 WIB
Reporter : Bakti Setiawan
Editor : Ari Apriko

Pemilihan benih ikan gurami yang sehat juga krusial. Benih yang sehat memiliki berat sekitar 100 gram atau berumur sekitar setahun, dengan berat panen minimal 500 gram. 

Sebelum memasukkan benih ke kolam, penting untuk mengeringkan kolam selama 10 sampai 14 hari untuk mencegah serangan penyakit dan jamur. Peralatan yang digunakan juga harus direndam dalam larutan kaporit sebelum digunakan.

Jika terjadi penyakit pada ikan gurami, segera pisahkan dan rendam dalam larutan garam dapur selama satu jam untuk membantu pemulihan. Perhatian khusus juga diberikan pada pakan, yang harus mengandung setidaknya 25 persen protein hewani untuk pertumbuhan yang optimal. 

Protein nabati dapat diperoleh dari berbagai jenis dedaunan dan bahan pakan lainnya seperti ampas tahu, jagung rebus, dan dedak.

BACA JUGA:Langkah-langkah Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal, Simak Selengkapnya

BACA JUGA:Peluang Cuan! Untung dari Budidaya Sorgum di Lahan Kering

Pemberian enzim kompleks sekitar 2 persen dari pakan pabrik dan pelet juga diperlukan dalam pemeliharaan. Dalam waktu empat hingga enam bulan, ikan gurami akan siap dipanen, memberikan keuntungan besar bagi peternak.(**)

Kategori :