Tips Memilih Usaha Ternak Yang Menjanjikan, Ini 10 Pilihan Terbaik

Sabtu 04-05-2024,20:45 WIB
Reporter : Bakti Setiawan
Editor : Ari Apriko

BACA JUGA:Ingin Ayam Ternak Cepat Besar dan Gemuk, Ini 8 Makanan yang Disarankan

9. Ternak Sapi Perah

Bisnis sapi perah juga merupakan pilihan yang menjanjikan. Sapi perah dikembangkan khusus untuk memproduksi susu dalam jumlah besar. Dengan beternak sapi perah, Anda dapat memperoleh antara 12 hingga 15 liter susu setiap harinya dari satu ekor sapi.

 Jika Anda memiliki lebih dari 10 ekor sapi, bayangkan betapa tingginya potensi hasil susu setiap hari.

10. Ternak Jangkrik

Jangkrik merupakan pilihan makanan yang populer bagi berbagai jenis hewan peliharaan, seperti reptil dan burung. Inilah yang membuatnya menjadi potensi bisnis yang menarik untuk dijajaki. 

Yang menarik, untuk memulai usaha ternak jangkrik ini, modal yang dibutuhkan tidaklah besar. Proses ternaknya juga relatif sederhana, sehingga sangat cocok bagi pemula.

Modal Usaha dan Keuntungan Usaha Ternak

Dalam melakukan setiap jenis usaha, maka ada berbagai perhitungan yang perlu dilakukan, misalnya menghitung modal dan memperkirakan keuntungannya.

- Modal Usaha

Jumlah modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ternak yang menjanjikan sangat bervariasi tergantung pada jenis ternak yang dipilih. 

Ada jenis usaha ternak yang dapat dimulai dengan modal relatif kecil, seperti ternak burung puyuh dan ternak jangkrik yang bisa dimulai dengan modal awal sekitar Rp300 ribu.

BACA JUGA:Kenali Bahaya Penyakit Kolibasilosis pada Ayam Ternak, Ini Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Tips Ternak Kambing Bagi Pemula, Dijamin Untung

Modal ini mencakup biaya pembelian bibit, sewa lahan, alat penampungan, suplemen vitamin ternak, pakan ternak, dan penggajian karyawan.

Namun, untuk jenis usaha ternak lainnya, terutama yang melibatkan hewan ternak yang memiliki harga tinggi, modal yang dibutuhkan akan lebih besar. Contohnya, untuk memulai usaha ternak ayam, diperlukan kisaran modal awal hingga 25 juta rupiah. 

Kategori :