Sudahkan NIK Terdaftar KUR BRI? Begini Cara Cek NIK yang Sudah Digunakan KUR BRI

Jumat 23-02-2024,13:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

3. Lengkapi Identitas

Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk melengkapi identitas. Identitas yang diminta seperti tempat dan tanggal lahir, alamat, nama ibu kandung, nomor HP, dan email. Pastikan Anda mengisi nomor HP dan email yang masih aktif.

Anda bisa mengisi tujuan Permohonan Informasi dengan memilih “Dokumentasi Pribadi”. Lalu klik “Selanjutnya”.

Jika setelah Anda mengklik tombol selanjutnya muncul pemberitahuan “Maaf, pendaftaran anda belum berhasil” itu dikarenakan layanan sedang penuh atau sibuk. Silakan melakukan pendaftaran kembali secara berkala di waktu operasional layanan.

4. Unggah Dokumen Pendukung

Tahap selanjutnya adalah meng-upload foto KTP asli dan swafoto. Di halaman ini Anda akan diberikan gambaran mengenai posisi foto yang benar. Setelah foto yang Anda unggah telah sesuai, gulir ke bawah lalu klik ceklis/centang persetujuan.

Kemudian klik “Ajukan File”. Anda akan menerima email pemberitahuan bahwa pendaftaran Anda berhasil.

BACA JUGA:Penyaluran KUR di Jambi Capai Rp5,38 Triliun, Terbanyak Penerima Bukan Kerinci atau Sarolangun Tapi Daerah ini

5. Download Dokumen Informasi Debitur

Selang beberapa jam Anda akan mendapat email tautan dokumen Informasi Debitur. Anda bisa men-download dokumen dengan mengklik tautan yang ada. Karena dokumen ini dilindungi, sebelumnya Anda harus memasukkan password terlebih dahulu.

Format passwordnya telah ditentukan oleh pihak OJK dengan format DDMMYYYY (2 digit tanggal, 2 digit bulan, dan 4 digit tahun lahir).

Anda akan menerima dokumen dalam format PDF. Dokumennya berisi BI Checking atau riwayat kredit yang pernah Anda lakukan. Anda dapat melihat apakah NIK sudah digunakan KUR BRI atau belum.

Jika Anda mencurigai penyalahgunaan NIK Anda dalam pengajuan KUR, segera laporkan kepada pihak berwenang dan bank terkait. Anda perlu menghubungi bank tersebut secara langsung.

Anda dapat menghubungi kantor cabang BRI terdekat atau menghubungi layanan pelanggan BRI di nomor telepon 14017. Itulah tadi informasi mengenai bagaimana cara cek NIK sudah digunakan  KUR BRI atau belum. (**)

Kategori :